Freon yang berfungsi sebagai cairan pendingin. Rekib
Freon yang berfungsi sebagai cairan pendingin. Rekib

Tips Knowledge

Cara Mudah Cek Freon AC Mobil

Otomotif tips mobil perawatan kendaraan tips knowledge Coronavirus PSBB
M. Bagus Rachmanto • 22 Mei 2020 16:23
Jakarta: Fitur penyejuk kabin atau yang biasa disebut AC mobil, menjadi salah satu fitur penting untuk memberikan kenyamanan berkendara. Meski sekarang tak bisa melakukan perjalanan jarak jauh, namun fitur utama yang satu ini tak bisa diabaikan.
 
Ada baiknya jika Anda mempersiapkan kondisi AC mobil meski jarang digunakan. Tujuannya jelas untuk membuat sirkulasi udara di dalam kabin tetap terjaga higienitasnya dan terhindar dari bakteri serta virus. Juga penting agar tak dilakukan tergesa-gesa karena fitur penyejuk kabin ini punya beberapa komponen pendukung, diantaranya freon yang berfungsi sebagai cairan pendingin.
 
Jika freon AC mobil Anda habis, selain tidak dingin habisnya freon yang dibiarkan terlalu lama akan berdampak pada kerusakan sistem AC mobil yang lebih parah, dan otomatis bakal memakan biaya perbaikan yang lebih mahal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk itu penting mengetahui ciri-ciri atau gejala freon AC mobil sudah habis, di antaranya AC tidak terasa dingin dan hanya mengeluarkan angin biasa. Kemudian ciri lainnya adalah kipas AC tidak berputar meski sudah dinyalakan, putaran mesin (rpm) tidak mengalami perubahan naik/turun saat AC dinyalakan. Lalu hentakan kompresor tidak bekerja karena magnetic clutch terputus oleh switch pressure.
 
Kata Alimin, yang buka praktek bengkel spesialis AC di bilangan Bekasi Barat, untuk memastikan freon yang sudah habis, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut. Cek secara manual dengan melihat kondisi freon melalui kaca pada filter AC saat mesin menyala. Freon yang terlihat berbusa menjadi penanda bahwa freon AC habis, namun jika terlihat bening freon AC mobil Anda masih ada.
 
"Bisa juga mengecek melalui lubang pengisian freon, yang bentuknya mirip seperti pentil pada ban. Buka penutupnya, kemudian tekan atau tusuk menggunakan alat bantu seperti paku. Apabila keluar semburan gas, itu tandanya freon masih ada," terang Alimin, saat berbincang dengan Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.
 
Untuk diketahui, bahwa freon pada sistem AC tidak berkurang apalagi habis jika tidak mengalami kebocoran. Namun, jika ternyata ada kebocoran, solusinya adalah segera membawa ke ahlinya untuk diperbaiki.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif