Mau Terobos Sungai Banjir? Ini Jurus-jurusnya (3 selesai)
Mobil double cabin yang ditumpangi pejabat Pemkab Mamuju terseret arus saat mencoba menerobos sungai kecil yang sedang banjir. foto YouTube
Jakarta: Lolos melewati banjir atau sungai, bukan berarti urusan selesai. Ada serangkaian 'ritual' yang wajib dilakukan yang juga demi keselamatan perjalanan kita selanjutnya.

Bagian pertama yang harus diperiksa setelah mobil lolos melintasi sungai atau banjir adalah ruang mesin. Bersihkan semua sampah-sampah terbawa arus yang mungkin nyangkut di komponen mesin.

"Jangan sampai ranting pohon dan benda-benda lain sebagainya karena itu bisa mengganggu kinerja mesin," ujar jawab Reza Hari Putra, intruktur 4x4 safety driving.


Pemeriksaan kemungkinan adanya sampah juga sampai ke kolong mobil terutama rem. Baik rem cakram atau tromol, dalam kondisinya basah bisa-bisa tidak pakem dan tentunya sangat berbahaya.



"Sambil jalan pelan-pelan injak pedal rem sedikit. Ini akan membuat cakram dan tromol jadi panas. Karena panas otomatis air akan menguap," paparnya.

Sambil memanaskan rem, rasakan juga perpindahan gigi-gigi persneling. Bila terasa ada selip, artinya ada air bahkan lumpur yang menyusup masuk gardan ketika mobil berada di dalam air.

Maka setiba di rumah, segera ganti oli gardan. Bila terlalu lama dibiarkan bisa-bisa membuat karat. Tak ketinggalan periksa oli mesin, bila warnanya coklat muda keruh itu artinya sudah terkontaminasi air dan karenanya perlu cepat diganti.

 



(LHE)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id