Jakarta: Lolos melewati banjir atau sungai, bukan berarti urusan selesai. Ada serangkaian 'ritual' yang wajib dilakukan yang juga demi keselamatan perjalanan kita selanjutnya.
Bagian pertama yang harus diperiksa setelah mobil lolos melintasi sungai atau banjir adalah ruang mesin. Bersihkan semua sampah-sampah terbawa arus yang mungkin nyangkut di komponen mesin.
"Jangan sampai ranting pohon dan benda-benda lain sebagainya karena itu bisa mengganggu kinerja mesin," ujar jawab Reza Hari Putra, intruktur 4x4 safety driving.
Pemeriksaan kemungkinan adanya sampah juga sampai ke kolong mobil terutama rem. Baik rem cakram atau tromol, dalam kondisinya basah bisa-bisa tidak pakem dan tentunya sangat berbahaya.
"Sambil jalan pelan-pelan injak pedal rem sedikit. Ini akan membuat cakram dan tromol jadi panas. Karena panas otomatis air akan menguap," paparnya.
Sambil memanaskan rem, rasakan juga perpindahan gigi-gigi persneling. Bila terasa ada selip, artinya ada air bahkan lumpur yang menyusup masuk gardan ketika mobil berada di dalam air.
Maka setiba di rumah, segera ganti oli gardan. Bila terlalu lama dibiarkan bisa-bisa membuat karat. Tak ketinggalan periksa oli mesin, bila warnanya coklat muda keruh itu artinya sudah terkontaminasi air dan karenanya perlu cepat diganti.
Jakarta: Lolos melewati banjir atau sungai, bukan berarti urusan selesai. Ada serangkaian 'ritual' yang wajib dilakukan yang juga demi keselamatan perjalanan kita selanjutnya.
Bagian pertama yang harus diperiksa setelah mobil lolos melintasi sungai atau banjir adalah ruang mesin. Bersihkan semua sampah-sampah terbawa arus yang mungkin
nyangkut di komponen mesin.
"Jangan sampai ranting pohon dan benda-benda lain sebagainya karena itu bisa mengganggu kinerja mesin," ujar jawab Reza Hari Putra, intruktur 4x4 safety driving.
Pemeriksaan kemungkinan adanya sampah juga sampai ke kolong mobil terutama rem. Baik rem cakram atau tromol, dalam kondisinya basah bisa-bisa tidak pakem dan tentunya sangat berbahaya.
"Sambil jalan pelan-pelan injak pedal rem sedikit. Ini akan membuat cakram dan tromol jadi panas. Karena panas otomatis air akan menguap," paparnya.
Sambil memanaskan rem, rasakan juga perpindahan gigi-gigi persneling. Bila terasa ada selip, artinya ada air bahkan lumpur yang menyusup masuk gardan ketika mobil berada di dalam air.
Maka setiba di rumah, segera ganti oli gardan. Bila terlalu lama dibiarkan bisa-bisa membuat karat. Tak ketinggalan periksa oli mesin, bila warnanya coklat muda keruh itu artinya sudah terkontaminasi air dan karenanya perlu cepat diganti.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(LHE)