Gunakan sabuk pengaman secara baik dan benar untuk menjaga badan saat kecelakaan terjadi. Medcom.id/Ekawan Raharja
Gunakan sabuk pengaman secara baik dan benar untuk menjaga badan saat kecelakaan terjadi. Medcom.id/Ekawan Raharja

Safety Driving

Cara Memakai Sabuk Pengaman dengan Benar di Mobil

Otomotif tips mobil safety driving tips otomotif
Ekawan Raharja • 14 Oktober 2020 10:00
Jakarta: Mobil-mobil baru keluaran sekarang ini sudah dilengkapi dengan seat belt (sabuk pengaman) di seluruh jok penumpang. Namun sudahkah Anda memakainya dengan baik dan benar?
 
Penggunaan sabuk pengaman selama perjalanan sangat penting untuk menjaga posisi penumpang tetap menempel di jok ketika mengalami kecelakaan. Tentu komponen satu ini bisa menyelamatkan nyawa di kala kecelakaan apabila digunakan dengan baik dan benar.
 
Lantas sudahkah Anda menggunakan sabuk pengamanan secara baik dan benar? Laman resmi Suzuki membagaikan bagaimana cara memakai sabuk pengaman yang baik dan benar.

Pastikan Safety Belt Tidak Melintir

Saat akan perjalanan, pastikan memeriksa terlebih dahulu keadaan sabuk pengaman. Jika belum rapi atau masih menjuntai kusut, maka harus merapikannya agar lurus dan tidak melintir. Kerapian peranti wajib ini menjadikannya berfungsi dengan optimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemeriksaan sabuk penting agar nyaman dipakai. Keluhan tali sabuk yang keriting akhirnya hanya membuat penumpang mengabaikan untuk mengenakan sabuk. Hal seperti ini harus dihindari karena keselamatan penumpang 45 persen ditentukan oleh pemakaian sabuk pengamannya.

Harus Tepat Berada di Pundak

Sebelum mengaturnya tepat di pundak harus mengambil posisi duduk yang benar. Posisi duduk yang benar yakni badan tegak dan menyejajarkan punggung dengan sandaran kursi. Posisi ini menjadikan badan seakan melekat tegak pada sandaran kursi.
 
Pemasangan sabuk yang benar tepat berada di pundak. Adapun bagian bawah dijulurkan silang sampai ke samping bawah pusar. Di bagian itu terdapat tulang yang kuat sehingga dapat menahan tubuh saat terjadi tabrakan. Pastikan mengenakan bagian ini sampai di posisi nyaman selama perjalanan.

Terdengar Bunyi “Klik”

Langkah terakhir adalah pastikan mengunci sabuk pengaman. Percuma saja jika sabuk hanya dijadikan hiasan tanpa dikunci karena fungsinya sebagai pengaman tidak akan didapatkan.
 
Nah, untuk mengunci sabuk caranya dilakukan dengan memasukkan ujung sabuk ke holder. Untuk memastikan sabuk telah terkunci, wajib terdengar bunyi “klik”. Adapun saat merasa kurang nyaman bisa menariknya sesekali untuk membenarkan posisi sabuk.
 
Nah mari gunakan sabuk pengaman yang baik dan benar untuk keselamatan selama perjalanan.
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif