Jangan abaikan keamanan ketika modifikasi ban motor.
Jangan abaikan keamanan ketika modifikasi ban motor.

Tips Otomotif

Trik Memperbesar Ban Motor Biar Tetap Aman & Nyaman

Ekawan Raharja • 22 Februari 2022 16:00
Jakarta: Modifikasi sepeda motor kerap dilakukan untuk memberikan kesan berbeda dan bagian dari personalisasi. Meski demikian, tidak sedikit diantara mereka yang belum memahami bagaimana cara modifikasi motor dengan tetap mengacu dari nilai-nilai safety riding.
 
Salah satu bagian sepeda motor matic yang sering dimodifikasi oleh para bikers adalah kaki-kaki motor, yakni ban dan pelek. Saat memodifikasi kaki-kaki motor perlu diperhatikan ukuran standar roda motor matic yang identik dengan ukuran yang kecil mulai dari 12 inci, 13 inci, dan 14 inci.
 
Agar pengendara tetap nyaman dan aman saat di jalan raya, ketika memodifikasi ban sepeda motor dapat menggunakan rumus paling umum yaitu plus dua tingkat dari ukuran standar. Ban standar motor matic adalah 90/80-14 inci, maka maksimal kenaikannya sampai dengan 110/80-14 inci. Jika melebihi rumus tersebut, dampaknya karet bundar bakal menyentuh suspensi dan spakbor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jika ingin merubah dengan ukuran yang lebih besar atau kecil silahkan saja, dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti saat ingin ikut ajang modifikasi, modifikasi ban motor bisa dilakukan sesuai kreatifitas masing-masing. Contoh mengganti dengan ukuran ban lebih kecil seperti ban sepeda diperbolehkan namun tidak disarankan karena tidak safety riding. Modifikasi seperti itu hanya untuk kepentingan saat ajang saja bukan untuk dikendarai di jalan raya karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain,” terang Trainer YRA Safety Riding, Fajar Afriansyah, melalui keterangan resminya.
 
Agar tampilan ban motor tampak makin keren bisa menggunakan beragam aksesori pada side wall atau dengan pengganti pentil standar. Penggunan aksesoris motor yang dimodifikasi tidak ada masalah selama tidak mengganggu keselamatan.
 
“Sebaiknya modifikasi ban motor dilakukan di bengkel resmi. Jika ingin ganti ban dengan ukuran yang berbeda, percayakan kepada tenaga profesional. Ban merupakan komponen yang sangat penting untuk keselamatan berkendara. Ban adalah satu-satunya bagian dari motor yang melekat ke aspal. Jadi kalau mau dimodifikasi, harus dengan orang yang mumpuni dibidangnya,” tambah Senior Service Advisor Yamaha FSS Jakarta, Hasan Ardiansyah.
 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif