Bosch Cabin Filter +. Bosch
Bosch Cabin Filter +. Bosch

Tips Knowledge

Filter Udara Penting Bagi Kesehatan Penumpangan Mobil

Otomotif tips mobil komponen aftermarket tips knowledge tips kesehatan
Ekawan Raharja • 15 Mei 2020 13:30
Jakarta: Filter udara memegang peranan penting bagi sirkulasi udara yang ada di dalam mobil. Bahkan secara tidak langsung, komponen satu ini juga berpengaruh terhadap kesehatan penumpang di dalamnya.
 
National Sales Manager Bosch Automotive Aftermarket Division Bosch di Indonesia, Agung Sinulingga, menjelaskan udara yang dihirup melalui AC mobil seluruhnya sudah disaring dari filter udara. Bila filter udara tidak berfungsi, maka kualitas udara yang ada di dalam kabin mobil bisa kurang baik.
 
"Jadi untuk filter udara di mobil, paling gampang untuk mengecek filternya harus dibantu atau sudah tidak bagus cukup ditepuk-tepuk joknya. Kalau ada debu yang berterbangan, maka pertanda filter harus diganti," ungkap Agung Kamis (14/5/2020) melalui webinar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Filter Udara Penting Bagi Kesehatan Penumpangan Mobil
 
Bahkan dia juga menjelaskan sebisa mungkin filter udara tetap diperhatikan setiap melakukan servis rutin. Biasanya ketika filter udara sudah mencapai umur 10 ribu kilometer, maka filter sudah mulai mengalami kerusakan dan tidak optimal menyaring udara yang masuk.
 
Perusahaan pembuat komponen otomotif asal Jerman ini juga memiliki berbagai macam filter udara, dan salah satunya adalah Cabin Filter + sebagai varian tertinggi di Indonesia. Saringan udara yang dipasang di kabin kendaraan ini berfungsi melindungi penumpang dari debu halus Partikel Micron (PM)2,5 hingga 99 persen, sekaligus memfilter bau tak sedap dan gas berbahaya seperti kabut asap atau gas buang. Manfaat dari sisi kesehatan, produk ini juga diperkuat fitur filter + untuk menetralisir alergi dan bakteri sehingga mutu udara yang bersirkulasi di dalam mobil pun lebih baik.
 
"Untuk standar kesehatan itu harus di bawah PM10 untuk di luar ruangan. Kemudian kalau tidak salah itu juga PM2,5 untuk di dalam ruangan."
 
Agung menjelaskan untuk Cabin Filter + ini sudah bisa didapatkan di berbagai toko aksesoris atau komponen otomotif. Namun di tengah kondisi pandemik virus korona ini, konsumen juga bisa membelinya melalui beberapa e-commerce yang ada.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif