Jangan lupa untuk mengatur Google Maps sebelum digunakan di Jakarta.
Jangan lupa untuk mengatur Google Maps sebelum digunakan di Jakarta.

Tips Knowledge

Google Maps Bisa Membaca Peraturan Ganjil Genap di Jakarta

Otomotif lalulintas tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 19 November 2019 13:13
Jakarta: Google Maps banyak dimanfaatkan oleh para pengguna mobil, khususnya di Jakarta, untuk mencapai tujuan yang belum diketahui rutenya. Selain bisa membaca kondisi kemacetan di jalan, ternyata kini aplikasi dari Google tersebut bisa juga membaca rute sesuai dengan peraturan ganjil genap di Jakarta.
 
Tidak jarang para pengguna Google Maps terjebak di jalur ganjil-genap ketika peraturan tersebut sedang diaktifkan. Padahal mobil yang dikemudikan saat itu tidak sesuai dengan tanggalan yang ada, entah itu tanggal ganjil atau genap.
 
Agar hal tersebut tidak terjadi, tidak ada salahnya mengatur Google Maps untuk disesuaikan dengan plat nomor mobil ketika hendak digunakan. Caranya pun cukup mudah dan nantinya aplikasi navigasi ini akan mencarikan rute alternatif yang tidak terkena peraturan ganjil genap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Caranya pengaturannya, pengguna bisa membuka aplikasi Google Maps dan kemudian menekan icon garis tiga di pojok kiri atas. Setelah muncul menu, pilih menu setting.
 
Kemudian cari Navigation Settings, dan di bagian tengah nanti ada pilihan Route Options. Klik Avid odd-even traffic fines. Pengemudi tinggal memilih Even Plate kalau plat nomor mobil genap begitu juga jika plat nomor mobil bernomor ganjil maka centang Odd Plate.
 
Jika sudah dilakukan, maka pengguna tinggal memasukan tujuan seperti biasa. Seperti biasa, Google Maps akan memberikan beberapa rute alternatif dan pengguna tinggal memilih rute yang sesuai serta nyaman untuk dilalui.
 
Seperti yang diketahui, peraturan ganjil-genap yang baru resmi berlaku di di 16 ruas jalan di ibukota. Hal ini diatur melalui Peraturan Gubernur No.88/2019 yang mengatur tentang Pembatasan Lalu Lintas Dengan Sistem Ganjil-Genap yang ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
 
Peraturan ganjil-genap di sejumlah ruas jalanan Jakarta kini panjang lintasan mencapai 54,24 kilometer. Skema pertama yakni Jalan Pintu Besar Selatan, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, dan Jalan Majapahit. Kedua, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, dan Jalan Fatmawati (mulai simpang Jalan Ketimun 1 sampai simpang Jalan TB Simatupang).
 
Skema ketiga, Jalan Suryopranoto, Jalan Balikpapan, Jalan Kiai Caringin dan Jalan Tomang Raya. Terakhir, Jalan Pramuka, Jalan Salemba Raya, Jalan Kramat Raya, Jalan Senen Raya, Jalan Gunung Sahari dan segmen persimpangan terdekat sampai pintu masuk jalan tol serta pintu keluar jalan tol sampai persimpangan terdekat.
 
Sistem ini juga mengalami sedikit pergeseran waktu pada sore hari. Semula diberlakukan pada pukul 16.00 WIB-20.00 WIB, menjadi pukul 16.00 WIB-21.00 WIB. Sedangkan pada pagi hari ganjil genap berlaku tetap pukul 06.00 WIB-10.00 WIB.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif