Bila lampu utama sepeda motor kedip-kedip, tidak menyala secara terus-menerus, bisa jadi ada masalah di sepeda motor. Suzuki
Bila lampu utama sepeda motor kedip-kedip, tidak menyala secara terus-menerus, bisa jadi ada masalah di sepeda motor. Suzuki

Headlamp LED Motor Berkedip-Kedip? Waspadai Emiter Lemah

Otomotif tips motor perawatan kendaraan tips knowledge
Ekawan Raharja • 27 Juni 2019 10:52
Jakarta: Headlamp atau lampu utamanya berfungsi terang pijar memberikan penerangan untuk pengemudi saat berkendara malam hari. Bila lampu utama sepeda motor kedip-kedip, tidak menyala secara terus-menerus, bisa jadi ada masalah di sepeda motor.
 
Penyebab headlamp LED berkedip umumnya disebabkan karena emiter LED mau putus. Karena itulah driver akan mengirimkan listrik yang kurang atau tidak stabil, dan aliran yang tidak stabil ini akan menyebabkan headlamp LED terlihat terus berkedip.
 
Satu cara yang terbukti paling efektif untuk mencegah headlamp LED berkedip adalah rutin melakukan cek berkala ke bengkel resmi sepeda motor. Saat cek berkala, montir terlatih akan mengecek seluruh komponen yang harus dicek, termasuk headlamp. Jika ditemukan adanya kerusakan sekecil apapun akan segera diperbaiki sehingga tidak menyebabkan kerusakan yang lebih berat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut adalah keuntungan yang Anda bisa dapat jika selalu melakukan cek berkala di bengkel resmi, mulai dari jaminan keahlian menganalisa dan mendeteksi permasalahan mesin. Seluruh bengkel resmi memiliki tenaga ahli yang cuma konsentrasi menangani satu merek saja.
 
Tidak hanya itu, mereka juga secara rutin di training berkala demi meningkatkan pengetahuan tentang unit produksi. Kemudian jika berkunjung ke dealer resmi, maka dipastikan akan mendapat jaminan mutu onderdil (suku cadang) original berkualitas.
 
Selain itu, usai melakukan perbaikan akan mendapat garasi pemakaian untuk setiap penggantian suku cadang asli. Keunggulan ini yang menjadi sejumlah keunggulan ketika melakukann kunjungan ke bengkel resmi.
 
Sekarang ini, hanya sepeda motor yang sudah menerapkan teknologi LED di headlamp. Ada sejumlah alasan kenapa teknologi lampu LED menjadi primadona dalam beberapa tahun belakangan.
 
Mulai dari lampu LED sangat ramah terhadap lingkungan karena tidak mengandung mercuri dan tidak menghasilkan radiasi IR dan UV, yang sangat berbahaya bagi mata manusia. Sifat sinar lampu LED tidak menyilaukan mata (ramah mata) karena warna cahayanya yang alami.
 
Sinar yang jernih dan Colour Rendering Index (CRI) yang tinggi menghasilkan warna yang alami seperti aslinya. Hal teknis ini yang kemudian memberikan efek menenangkan bagi siapa pun yang terpapar cahayanya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif