Kaca helm yang bersih menjaga konsentrasi berkendara. Theriddingobsession
Kaca helm yang bersih menjaga konsentrasi berkendara. Theriddingobsession

Jangan Lalai Bersihkan Kaca Helm saat Musim Hujan

Otomotif perlengkapan berkendara tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 05 Desember 2018 11:26
Jakarta: Pengendara motor sepatutnya tidak lalai membersihkan helm. Terutama setelah helm digunakan pada saat hujan. Sebab, kotoran bakal banyak menghiasi kaca helm/visor setelah tersiram air hujan.
 
Biasanya, timbul noda berwarna cokelat dan pasir-pasir halus bakal terlihat jelas jika air hujan sudah kering. Alhasil problem itu akan mengganggu pandangan.
 
Ada cara sederhana untuk membersihkan kaca helm. Caranya dengan menggunakan sabun cuci piring. "Jangan dibersihkan pakai tisu atau langsung dilap. Nanti bisa lecet," saran Gilang Imawan, seorang pengendara motor saat berbincang dengan Medcom.id di Jakarta, beberapa warktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Gilang, sabun cuci piring bisa menghilangkan kotoran sekaligus minyak. Dengan begitu, kotoran di kaca helm bisa hilang total.
Jangan Lalai Bersihkan Kaca Helm saat Musim Hujan
Langkah pertama dengan melepas kaca helm dari dudukannya. Lalu basahkan kaca helm di kedua sisinya. Setelah itu, tuang sabun cuci piring secara merata di kedua sisi helm. Kemudian diusap-usap lembut menggunakan permukaan jari tangan.
 
"Permukaan jari tangan itu lembut. Jadi tidak membuat permukaan kaca lecet. Situasinya bakal berbeda kalau dibersihkan menggunakan kain. Sebab kotoran justru tertahan di kain itu," tambah Gilang.
 
Usahakan usap seluruh permukaan. Setelah itu kaca helm dibilas sampai bersih. Sebagai penutup, gunakan lap katun lembut untuk mengeringkan kaca helm. Pandangan pun kembali jernih. Selamat mencoba!
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi