Ban kempes yang dipaksa jalan sebabkan benjol samping. Reddit
Ban kempes yang dipaksa jalan sebabkan benjol samping. Reddit

Atur Tekanan Angin, Jaga Kondisi Ban Lebih Awet

Otomotif perlengkapan berkendara safety riding tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 08 Mei 2019 10:24
Jakarta: Selain tidak bikin repot di jalan, kondisi mobil yang prima akan lebih aman dan nyaman saat dikendarai, jika dibandingkan dengan yang tidak terawat.
 
Ban adalah salah satu komponen penting pada kendaraan, berfungsi sebagai penahan beban, meneruskan gaya gerak dan pengereman, mengontrol arah kendaraan, serta meredam guncangan.
 
“Ban unsur terpenting, karena ban yang kontak langsung dengan jalan, karena itu ban jadi isu tentang keselamtan,” kata Iskandar Abubakar yang aktif di Global Road Safety Partnership (GRSP) Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Slamet Haryadi, yang pernah bertugas menjadi Foreman di Auto2000 cabang kalimalang, menjaga tekanan angin ban secara rutin sangat penting. Ban yang kempis disebutnya tidak bekerja secara optimal, bahkan bikin cepat rusak.
image content
“Ban kempes yang dipaksa jalan akan rusak, dan bisa bikin benjol di bagian samping (cutting side wall), terutama jika lewat jalan yang belubang. Management Preasure sangat diperlukan dan wajib dilakukan secara berkala, yakni dengan mengisi tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrik, yang terpasang di pinggir pintu mobil,” jelas Slamet.
 
Benjol atau yang biasa disebut dengan bulging disebabkan banyak faktor. Faktor fisik seperti benturan keras pada lubang jalan dengan kecepatan tinggi, atau bisa juga kesalahan pabrikasi dalam proses produksi .
 
Dari buku panduan ban Goodyear, benjol yang muncul disebabkan tekanan angin yang tinggi dari dalam. Sehingga terjadi separasi plies atau cord. Benjol bisa terjadi di tapak dan dinding ban.
Atur Tekanan Angin, Jaga Kondisi Ban Lebih Awet
Jika benjol di tapak ban disebabkan terpisahnya komponen-komponen tapak ban karena benturan, kemudian pemakaian ban tidak sesuai kondisi jalan.
 
Sedangkan benjol di dinding ban, karena putusnya benang di area ini lantara terkena benturan. Sehingga membuat dinding jadi lemah dan tak lagi bisa membuat tapak ban menapak dengan baik. Bisa juga karena bagian benang yang renggang di dinding ban.
 
Jika ban sudah benjol, tentu akan menurunkan performa dan tak aman lagi. Ban yang benjol tidak dapat lagi diperbaiki, dan Anda harus menggantinya dengan ban baru.
 
Dalam hal merawat kendaraan, ada yang harus dilakukan sendiri dan ada yang diserahkan ke bengkel. Sudah periksa kondisi ban kendaraan Anda hari ini? Selamat berkendara…

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif