Ilustrasi. suzuki
Ilustrasi. suzuki

Kenali, 5 Penyebab AC Mobil Bocor

Adri Prima • 02 Agustus 2022 17:52
Jakarta: AC mobil merupakan salah bagian penting yang menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang di dalam kabin selama perjalanan. Suhu tropis Indonesia yang cenderung panas menjadi alasan pemilik mobil untuk terus menjaga kinerja AC tetap optimal.
 
Namun salah satu kendala yang sering dialami pada AC mobil adalah kebocoran. Hal ini membuat AC tidak menghasilkan hawa dingin.
 
Beberapa gejala AC mobil mengalami kebocoran antara lain tiba-tiba meneteskan air atau mengeluarkan busa-busa putih saat dinyalakan. Umumnya kebocoran AC disebabkan oleh beberapa hal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengutip laman resmi Suzuki Indonesia, berikut ini 5 penyebab AC mobil mengalami kebocoran:

1. Kekurangan isi freon


Kebocoran bisa terjadi jika terdapat lubang atau retakan pada selang freon. Hal ini akan mengakibatkan komponen AC mobil seperti kompresor harus bekerja ekstra untuk memompa freon ke seluruh sistem agar bisa mendinginkan mobil. 
 
Kompresor akan terus-terusan memompa gas freon yang tak kunjung keluar karena terlanjur bocor lewat selang, sehingga lama kelamaan komponen kompresor juga ikut rusak. 

2. Terlalu banyak mengisi freon


Jika kekurangan isi freon bisa menyebabkan kebocoran, begitu pula sebaliknya. Terlalu banyak mengisi freon juga memicu kompresor mati total atau rusak. 
 
Sebab daya pompa kompressor tidak akan kuat untuk bekerja dengan freon yang melebihi kapasitas. Karena itu, pastikan Anda mengisi freon dengan benar lewat teknisi yang terpercaya dan berpengalaman.  

3. Penyumbatan kotoran


Sistem kerja AC mobil akan terus berulang selama dihidupkan pada posisi kendaraan menyala. Apabila filter dryer pada AC tidak berfungsi maksimal, akan terjadi penyumbatan akibat dari kotoran dan debu yang terdapat dalam freon. Sumbatan ini bisa memicu kebocoran AC bahkan mengakibatkan kompresor bisa jebol dan mati total.  

4. Kebocoran pada seal (pelapis karet)


Seal merupakan pelapis karet yang berpotensi mengalami keretakan atau robek. Jika seal tersebut retak atau robek, bisa mengakibatkan kebocoran. Kerusakan pada seal menyebabkan kinerja kompresor memompa gas freon ke sistem AC jadi melemah. Inilah juga yang menyebabkan AC mobil jadi kurang dingin.  
 
Kenali, 5 Penyebab AC Mobil Bocor

5. Masa pakai


Tidak bisa dipungkiri, semua komponen mobil memiliki usia pakai. Jika tiba-tiba AC mobil bocor, segera periksa seluruh komponennya seperti seperti kondensor, evaporator, expansi valve, dryer, dan lain sebagainya.
 
Sebab, jika sudah melewati batas usia pemakaian maksimum dan masih dibiarkan terpasang, dikhawatirkan akan membuat kinerja keseluruhan sistem AC tidak optimal.
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif