Jalan beton bikin ban lebih cepat terkikis. Youtube
Jalan beton bikin ban lebih cepat terkikis. Youtube

Benarkah Jalan Beton Bikin Ban Cepat Gundul?

Otomotif komponen otomotif ban mobil
M. Bagus Rachmanto • 19 Juni 2019 13:18
Jakarta: Ban atau si karet bundar memiliki tapak dengan ketebalan tertentu. Tapak itulah yang bertugas mencengkram permukaan jalan. Jika tapaknya sudah semakin tipis, cengkeramannya juga akan berkurang dan sangat berbahaya, terutama saat melintas di jalan basah.
 
Sama seperti sepatu, ban mobil atau motor juga bisa aus jika terlalu lama dipakai. Ban yang menjadi aus atau gundul, belum tentu diakibatkan oleh usia atau umur ban yang sudah minta diganti baru.
 
Ternyata cara berkendara yang agresif dan material jalan, baik yang terbuat dari aspal atau beton, disebut menjadi faktor dan berkontribusi pada keawetan ban.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Benarkah Jalan Beton Bikin Ban Cepat Gundul?
 
Menurut dealer Skill Development HPM, Onsert Ophirio, material jalan beton memiliki kontur yang lebih keras dan kaku, sehingga membuat permukaan ban menjadi lebih cepat terkikis atau gundul.
 
Dikatakan jalan beton dirancang lebih kuat dan tahan lama, karena didesain untuk mampu menahan kendaraan berbobot besar yang melintas. Meterial yang lebih keras itulah yang membuatnya lebih awet dan tahan lama.
 
"Di jalan beton, ban akan lebih cepat terkikis dan biasanya menimbulkan road noise. Berbeda dengan dengan permukaan aspal yang konturnya lebih lembut dan halus," pungkasnya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif