Pilih asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Adira Insurance
Pilih asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Adira Insurance

Alasan Premi Asuransi Mobil Bekas Lebih Mahal Ketimbang Mobil Baru

Otomotif asuransi kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 13 Juni 2019 10:51
Jakarta: Asuransi untuk mobil bekas yang lebih mahal dibanding mobil baru dijadikan kerap kali jadi pertimbangan dan alasan konsumen kenapa meraka enggan membeliproduk asuransi.
 
Business Development Asuransi Mobil di Cermati.com Metta Asokavati mengatakan risiko berkendara menghantui siapa pun, kapanpun, dan dimanapun. Apalagi jikamengingat masa depan tak dapat ditebak dan diprediksikan. "Bisa saja Anda kerapberhati-hati dan tertib selama mengemudi, namun ketika sial sedang menghadang,bisa jadi mobil kesayangan Anda menjadi korban dari keteledoran pengemudi lain."
 
Selain itu perlu diketahui bahwa pentingnya mengasuransikan mobil bekas takterlepas dari persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan tersebut antara lainadalah mendapatkan asuransi yang memenuhi semua kebutuhan Anda. Artinya, menjadiyang terbaik saat mobil dipakai, terbaik perlindungannya dan terbaik pula sesuai kondisi finansial Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Anda memilih asuransi mobil yang bisa membuat Anda mendapatkan kenyamanan,ketenangan, dan terhindar dari kerugian finansial yang cukup besar akibat rusakatau hilangnya mobil. Dewasa ini, bahkan ada beberapa perusahaan asuransi yangmemberikan tambahan benefit lainnya seperti fasilitas atau pelayanan spesialuntuk nasabahnya," tambah Metta.
 
Alasan Premi Asuransi Mobil Bekas Lebih Mahal Ketimbang Mobil Baru
 
Contohnya, harga pertanggungan atau rate asuransi antara mobil produksi 2008 sama dengan mobil rakitan 2014 yakni di angka Rp100 juta. Ini semua dikarenakanadanya biaya loading (berdasarkan umur kendaraan) tambahan yang dibebankansehubungan umur kendaraan. Usia mobil yang makin tua berisiko semakin besar.
 
Demikian juga risiko untuk terjadinya rusak atau adanya komponen yang aus pun semakin besar. Itulah sebabnya perusahaan asuransi membebani biaya loading, sebab mobil bekasrisikonya lebih besar ketimbang mobil baru. Belum lagi depresiasi harga mobilbekas yang lebih cepat turun dari mobil baru. Sebagai catatan, biaya premi bisamenjadi lebih tinggi lagi jika ada tambahan jaminan lagi seperti tanggungan pihak ketiga, bencana alam, huru-hara, dan semacamnya.
 
Dengan demikian, mobil bekas pun sama pentingnya untuk mendapat perlindungan dari asuransi. Kendati mobil seken dikenai premi asuransi lebih tinggi, namunsemua itu akan sepadan dengan perlindungan yang kelak akan Anda dapatkan.
 
Oleh karena itu ada baiknya untuk menyegerakan asuransi mobil bekas Anda mengingat tak ada yang tahu apa yang terjadi di masa mendatang. Jika kerusakansudah terlanjur terjadi pada mobil yang tak dilindungi polis, maka dapatdipastikan hal itu hanya akan menguras isi kocek Anda lebih dalam lagi. Dengandemikian, dapatkan asuransi yang tepat sesuai perlindungan yang diinginkan, dantentunya dengan premi yang terjangkau.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif