Meski jarang dipakai, tetap harus ganti oli mesin secara rutin. Allstarautosolutions
Meski jarang dipakai, tetap harus ganti oli mesin secara rutin. Allstarautosolutions

Empat Tanda Oli Mobil Harus Segera Diganti

Otomotif tips mobil perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 03 Januari 2019 08:54
Jakarta: Penting untuk memperhatikan oli atau pelumas mobil agar kinerja mesin tetap optimal. Oli yang sudah tidak bagus bakal menyebabkan kerusakan jika terlalu lama di mobil.
 
Seperti dilansir situs resmi Daihatsu, ada empat cara mudah mengetahui kapan oli harus diganti. Cara termudah adalah melihat kartu servis atau kartu penggantian oli.
 
Biasanya setelah melakukan servis, pihak bengkel akan memberikan kartu tanggak ganti oli. Biasanya, oli mesin diganti setiap 5 ribu kilometer hingga 10 ribu kilometer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mobil-mobil keluaran terbaru, di bagian panel indikator sudah terdapat tanda pergantian oli. Jika tanda ini menyala berarti sudah waktunya untuk mengganti oli.
 
Cara lain adalah dengan merasakan kondisi mesin. Jika suara mesin lebih kasar dari biasanya, bisa jadi sudah menandakan harus mengganti oli secepatnya.
 
Cara terakhir adalah melihat kondisi oli mobil melalui deep stick. Saat membuka kap mesin, biasanya ada deep stick yang terhubung dengan tangki mobil. Kondisi oli mesin bisa dilihat jika deep stick tersebut dicabut. Oli perlu ditambah andai tidak mencapai batas yang ditentukan. Oli harus segera diganti bila warnanya sudah menjadi hitam pekat dan encer.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif