Sesuaikan penggunaan beban kelistrikan sepeda motor biar aki tidak cepat tekor. ClassicAmericanIron
Sesuaikan penggunaan beban kelistrikan sepeda motor biar aki tidak cepat tekor. ClassicAmericanIron

Asal Pasang Variasi, Bikin Aki Sepeda Motor Cepat Tekor

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 03 Mei 2019 10:41
Jakarta: Banyak hal yang menyebabkan aki sepeda motor cepat tekor. Salah satunya diakbiatkan pemasangan lampu LED, klakson, dan sirine yang melebihi daya kapasitas.
 
"Pemasangan variasi atau memodifikasi sepeda motor bisa bikin aki cepat tekor. Termasuk adanya kerusakan komponen lain yang berhubungan dengan sistem kelistrikan," kata Yosi, pemilik bengkel motor Bengbrand di Bekasi, kepada Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.
 
Lebih lanjut Yosi menjelaskan, switch lampu rem sepeda motor yang rusak juga bisa membuat aki cepat tekor. Selain itu, masalah bisa timbul ketika lampu rem terus menyala walau tuas rem sudah tidak di tekan. Hal itu membuat arus listrik dari aki terus mengalir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Yosi, jika sudah begitu solusinya adalah mengganti switch rem yang rusak dengan yang baru. Ganti dengan yang orisinil agar kualitas terjamin dan lebih awet
 
Pemasangan lampu variasi HID tanpa memperhitungkan tegangan listrik dengan benar juga berpotensi membuat aki cepat tekor. Maklum, perangkat tersebut membutuhkan sumber listrik yang besar.
 
"Jika ingin memasang variasi motor yang berhubungan dengan kelistrikan, sebaiknya memperhitungkan dan menyesuaikan spull pengisian aki. Ini dimaksdukan agar tidak kelebihan beban atau kurang daya saat pengisian," tutup Yosi.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif