Menginjak tuas transmisi motor dengan kasar bisa menyebabkan gigi persneling sulit dipindahkan. Youtube
Menginjak tuas transmisi motor dengan kasar bisa menyebabkan gigi persneling sulit dipindahkan. Youtube

Gigi Persneling Motor Bebek Keras? Cek Komponen Ini

Otomotif tips motor perawatan kendaraan
M. Bagus Rachmanto • 11 Februari 2019 12:23
Jakarta: Perpindahan gigi persneling sepeda motor yang keras membuat berkendara menjadi tidak nyaman. Salah satu penyebabnya bisa dari perilaku dan cara berkendara yang kasar, atau menginjak dan melepas tuas transmisi secara mendadak.
 
Hendra, mekanik yang praktik di bengkel motor Aren Jaya Motor di Bekasi Timur, menjelaskan kepada Medcom.id beberapa waktu lalu.
 
"Tuas kopling di motor bebek tidak hanya berfungsi untuk mengatur dan melakukan perpindahan gigi. Selain itu, tuas kopling juga memperhalus proses perpindahan gigi kopling agar motor tidak saat berjalan," terang Hendra.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gigi Persneling Motor Bebek Keras? Cek Komponen Ini
 
Menginjak tuas transmisi motor dengan kasar bisa menyebabkan gigi persneling sulit dipindahkan. Hal itu lantaran piranti pemindah gigi sudah aus.
 
Andai kejadian itu sudah terjadi, komponen yang biasanya cepat terserang adalah per pendukung tangkai pengait gigi drum transmisi, rumah bola penekan kopling manual, pegas stopper penahan, dan pengatur gigi matahari. Termasuk celah lubang di tangkai penggeser drum pemindah gigi matahari yang sudah terkikis.
 
Agar kerusakan tidak semakin parah, Hendra menyarankan untuk segera memperbaiki masalah tersebut. Terutama bagian per pendukung pengait gigi drum perseneling. Karena kalau didiamkan terlalu lama dan per makin lemah, pindah gigi makin sulit dan suka miss.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif