Tips Knowledge

Begini Cara Mengatur Refleksi Kaca Spion Samping

Ekawan Raharja 17 Mei 2018 07:08 WIB
safety drivingtips knowledge
Begini Cara Mengatur Refleksi Kaca Spion Samping
Pastikan kondisi spion samping sudah dalam posisi benar sebelum mengemudi. Wikipedia
Jakarta: Setiap mobil selalu dilengkapi dengan spion samping untuk memeriksa kondisi di belakang. Hanya saja hingga saat ini masih banyak yang belum tahu cara untuk mengatur posisi kaca spion samping yang benar.

Pembalap Indonesia, Fitra Eri, menjelaskan hakikat spion samping adalah melihat kondisi samping belakang mobil. Jadi spion mobil seharusnya banyak merefleksikan kondisi di belakang mobil.

"Sebisa mungkin spion samping memperlihatkan kondisi samping belakang, ini juga untuk mengurangi blind spot. Kalau bisa refleksi body mobil dibikin sesedikit mungkin karena bagian belakang mobil tidak akan hilang," ujar Fitra sambil berseloroh beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut ketika sebelum mengemudi, pengemudi harus memeriksa kondisi spion apakah sudah sesuai atau belum. Tentu penyesuaian spion harus dilakukan setelah pengemudi mendapatkan posisi berkendara yang paling tepat dan baik untuk mengemudi.


Offroader dan Instruktur safety driving, Rifat Sungkar, menambahkan pengemudi harus memeriksa kaca spion setiap delapan detik sekali. pengemudi bisa cukup melirik ke kaca spion untuk memastikan kondisi di sekitar mobil.

"Pengemudi harus rutin memeriksa kondisi di belakang melalui spion, untuk memastikan kondisi di sekitar mobil dalam kondisi yang aman," ujar Rifat Sungkar.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360