Jaga frekuensi rehat saat mudik, agar tubuh tetap fit selama mudik. Dok. Medcom.id
Jaga frekuensi rehat saat mudik, agar tubuh tetap fit selama mudik. Dok. Medcom.id

Jaga Frekuensi Rehat agar Fisik Tetap Fit Selama Mudik

Otomotif safety driving safety riding road safety
Ahmad Garuda • 31 Mei 2019 09:34
Jakarta: Banyak orang yang bersuka ria menyambut musim mudik dan libur lebaran setiap tahunnya. Mereka bahkan rela tidak tidur atau tidur alakadarnya ketika berkendara jarah jauh, agar bisa cepat bertemu sanak saudara di kampung halaman.
 
Tapi tahukah Anda, bahwa berkendara seperti ini, justru akan membuat kondisi tubuh jadi kurang fit. Ujung-ujungnya akan berdampak terhadap keselamatan Anda beserta keluarga yang ada di dalam kendaraan. Menurut Instruktur Safety Driving Rifat Drive Labs, Rifat Sungkat, bahwa kondisi ini akan sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain.
 
"Biasanya karena kita sudah saking senangnya, tak sabar ingin ketemu keluarga di kampung halaman, kita biasanya berkendara non-stop. Padahal disadari atau tidak, ini akan meningkatkan risiko kecelakaan, di mana daya refleks berkurang karena kelelahan. Saran saya, sebaiknya terapkan waktu rehat dalam beberapa jam berkendara," ujar Rifat kepada Medcom.id dalam beberapa kesempatan bertemu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga menegaskan bahwa rehat ini akan memberikan efek relaks ke otak pengendara, sebelum dipaksa menjaga fokus secara terus-menerus dalam beberapa jam ke depannya. Selain itu, efek ke mesin kendaraan juga bisa membuat mesin tidak bekerja terlalu keras dan menjaga komponen mesin lebih baik.
 
"Ya, mesin juga patut dijaga kondisinya agar tidak terlalu bekerja keras. Menghindari kalau-kalau terjadi masalah di jalan karena mesin terlalu dipaksakan. Kemudian komponen lain yang bisa mengalami kerusakan kalau over heat seperti kampas rem yang bisa saja blong karena terlalu panas atau bisa lengket ke cakram sehingga membahayakan keselamatan berkendara."
 
Jadi, jangan terlalu memaksakan kondisi tubuh berkendara dalam jangka waktu yang terlampau panjang. Mengingat konsentrasi berkendara untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain di jalan raya adalah tugas bersama. Selamat mudik!
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif