Tambah tekangan angin saat suhu ban tidak panas. Breakerlink
Tambah tekangan angin saat suhu ban tidak panas. Breakerlink

Jangan Asal Pompa Ban, Tiap Mobil Beda Ukuran Tekanan

Otomotif tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 14 September 2018 12:17
Jakarta: Masih banyak pengendara mobil yang 'asal' ketika menambahkan angin ban kendaraan. Beberapa pengendara malah mengikuti takaran untuk ban mobil lain. Padahal, setiap mobil memiliki tekanan angin ban yang berbeda-beda.

"Mengetahui tekanan angin yang sesuai dengan kendaraan sangat penting. Sebab beban mobil kita ditopang oleh angin yang ada di dalam ban," kata Frankie kepada Medcom.id di acara Bridgestone Ecopia, Kalimantan Timur, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Fankie menyebutkan, 80 persen kerusakan ban diantaranya disebabkan oleh tekanan angin yang tidak tepat. Bisa jadi angin terlalu keras atau kurang angin.

Jika menggunakan ban standar bawaan pabrik mobil, besar tekanan yang dianjurkan harus sesuai dengan label info yang tertera/menempel di tiang pintu pengemudi. Atau di posisi lain yang ditunjukan dalam buku manual kendaraan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sedangkan Andai mobil Anda menggunakan ban dengan tipe berbeda dan bukan standar bawaan pabrikan mobil, besar tekanan disesuaikan dengan anjuran merek tersebut. Efek tekanan ban yang berlebih bisa bikin daya cengkram ban berkurang. Tekanan kurang juga bisa bikin ban terkelupas dan bikin umur ban jadi lebih pendek alias tidak awet.
(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi