Perjalanan jauh atau liburan pakai sepeda motor, pahami dulu tips amannya. YIMM
Perjalanan jauh atau liburan pakai sepeda motor, pahami dulu tips amannya. YIMM

Safety Riding

Tips Traveling Aman dan Menyenangkan Pakai Motor

Otomotif tips motor safety riding tips knowledge Coronavirus PSBB
M. Bagus Rachmanto • 25 Mei 2020 16:00
Jakarta: Tak sedikit sebagian masyarakat yang merencanakan liburan panjang untuk berkendara sepeda motor saat traveling. Selain bisa merasakan pemandangan secara langsung, menggunakan motor juga dinilai lebih efisien dan cepat ketimbang kendaraan lain. Oleh sebab itu tidak jarang banyak orang yang rela menempuh perjalanan hingga berjam-jam duduk di jok motor sampai ke tempat liburan.
 
Namun sayangnya tidak semua masyarakat yang menggunakan motor itu berkendara dengan aman dan nyaman. Yang ada malah sebaliknya, sehingga membahayakan diri dan orang lain, apalagi menempuh jarak cukup jauh tidak bisa sembarangan.
 
Chief of Trainer Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi, berbagi tips aman dan menyenangkan liburan dengan kendaraan roda dua. Ini dia selengkapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Fungsi Motor sebagai Moda Transportasi
Sepeda motor sebenarnya dibuat untuk jarak tempuh pendek, kurang dari 200 kilometer. Motor hanya boleh diisi dua penumpang dengan bawaan tidak lebih dari 30 kilogram.
 
2. Gunakan Apparel Lengkap
Gunakan apparel lengkap dan nyaman, seperti helm full face, masker, jaket dengan pelindung dan jas hujan. Apparel yang baik dan aman, sangat penting, karena kecelakaan roda dua mencapai 71 persen dari total kecelakaan di Indonsia.
 
3. Istirahat yang Cukup
Setiap perjalanan dua jam, sebaiknya istirahat agar konsentrasi tetap terjaga, menghindari dehidrasi. Kosentrasi pengendara roda dua lima kali lebih besar dibanding pengendara mobil.
 
4. Lepaskan Handphone dari Genggaman
Jangan lakukan 'sirkus' dengan bermain handphone sembari mengendarai sepeda motor. Termasuk mendengar musik menggunakan earphone. Konsentrasi bisa terganggu dan tidak awas dengan kondisi sekitar.
 
5. Posisi Badan
Santai, ingat perjalanan liburan harus dibuat senyaman mungkin. posisi badan santai, siku sedikit menekuk, badan tegap, pandangan lurus agar sigap dan mampu mengontrol sepeda motor dengan sempurna.
 
6. Nikmati Perjalanan
Tujuan berlibur untuk bersenang-senang, utamakan keselamatan ketimbang kecepatan. Nikmati pemandangan sepanjang perjalanan juga bisa jadi bagian dari liburan Anda bukan?
 
Selamat berlibur.
 

(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif