Jaga konsentrasi berkendara dengan asupan gizi yang cukup saat berpuasa. MD-Health
Jaga konsentrasi berkendara dengan asupan gizi yang cukup saat berpuasa. MD-Health

Jaga Fokus Berkendara di Bulan Puasa, Jaga Asupan Makanan

Otomotif perlengkapan berkendara safety riding road safety
Ahmad Garuda • 11 Mei 2019 11:55
Jakarta: Saat menjalankan puasa di bulan suci ramadan, rasa lapar dan dahaga serta mengendalikan emosi selama lebih dari 12 jam memang jadi yang utama. Kendati demikian, aktivitas harian termasuk berkendara harus dilakukan untuk mendukung kegiatan sehari-hari.
 
Massalahnya, saat berpuasa selama belasan jam, kadar gula darah dalam tubuh akan mengalami penurunan dan berpotensi mengalami dehidrasi. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang merasa lelah dan menjadi tidak sabar.
 
Dokter dari Rumah Sakit Pertamina Jaya, dr. Daniel Bramantyo mengatakan bahwa ini sudah hal alami. “Kondisi tubuh biasanya menjadi lebih lemas pada saat berpuasa, dan tentunya akan mempengaruhi kekuatan dan ketahanan saat mengemudi. Puasa dapat mempengaruhi fungsi kognitif dan memiliki efek langsung seperti kurangnya konsentrasi, menguap, dan mengantuk yang membuat pengendara tak menyadari keberadaan rambu lalu lintas.”

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia pun memberikan beberapa saran agar kondisi tersebut bisa diminimalisir. Beberapa trik yang Ia berikan di antaranya adalah:
 
1. Penuhi Asupan Gizi
Saat sahur, jangan pernah lupakan konsumsi karbohidrat kompleks yang ada di dalam nasi merah, ubi, jagung, roti gandum, dan makanan lainnya. Asupan protein dan lemak juga tidak boleh ditinggalkan, karena jika kita tidak mengkonsumsinya, dikhawatirkan badan akan mudah terasa lemah di siang hari.
 
2. Jaga tubuh tetap terhidrasi
Ketika sahur atau berbuka, kita dapat mengkonsumsi jus buah yang membantu proses pencernaan tetap lancar sekaligus menjaga asupan vitamin dan nutrisi baik lainnya yang penting bagi tubuh. Selain itu, pastikan agar Anda minum 8 gelas air putih demi mencukupi kebutuhan cairan tubuh sekaligus mencegah dehidrasi.
 
3. Hindari makanan pedas dan asam
Sebaiknya Anda menghindari makanan yang pedas dan juga asam karena hal ini dapat mengganggu fungsi lambung dan pencernaan yang dapat mengakibatkan asam lambung. Asam lambung selama berpuasa akan sangat memperberat kondisi tubuh.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif