Lakukan penggantian filter oli secara berkala bikin mesin mobil lebih awet. Mycarneedsthis
Lakukan penggantian filter oli secara berkala bikin mesin mobil lebih awet. Mycarneedsthis

Tips Knowledge

Begini Akibatnya Jika Filter Oli Tidak Rutin Diganti

Otomotif tips mobil perawatan kendaraan tips knowledge Coronavirus PSBB
M. Bagus Rachmanto • 19 Mei 2020 14:55
Jakarta: Mengganti oli mesin mobil, ada baiknya sekaligus melakukan pengecekan di saringan/filter oli. Lantaran komponen tersebut memiliki peran vital untuk memastikan performa mesin tetap optimal.
 
Menurut Fahmi, pemilik bengkel mobil Fahmi Jaya Motor di bilangan Bekasi Timur, penggantian filter oli yang tidak sesuai dengan aturan atau tidak diganti secara berkala akan membuat performa mesin menurun.
 
"Akibatnya jika filter oli tidak diganti akan membuat suara mesin menjadi kasar, dan lama-kelamaan akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah," beber Fahmi saat berbincang dengan Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cara kerja filter oli adalah menyaring kotoran dan menahannya dalam ruangan yang ada di filter tersebut, sehingga kotoran tidak masuk kembali ke dalam mesin.
 
Filter oli yang kotor atau tersumbat bisa menyebabkan mesin terkontaminasi kotoran, sirkulasi oli tidak lancar, dan fungsi oli sebagai pelindung dan pembersih serta pendingan menjadi tidak maksimal.
 
Fahmi menyarankan, ganti filter oli setiap 20.000 kilometer. Beberapa pendapat ada yang mengatakan ganti filter oli juga bisa dilakukan tiap dua kali ganti oli mesin.
 
Untuk patokan berapa bulan sekali, hal ini tergantung dari seberapa sering mobil digunakan sejauh 20.000 kilometer, karena patokan sebenarnya adalah pada jarak tempuh, bukan waktu.
 

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif