Perawatan secara berkala akan menyesuaikan pada ketentuan buku servis kendaraan yang bertujuan untuk memastikan kendaraan dalam kondisi terbaik dan juga prima sehingga kinerja mobil dapat bekerja secara optimal. Dengan memanfaatkan perawatan berkala di bengkel resmi juga membantu dalam mendeteksi kerusakan pada kendaraan sejak dini untuk mengurangi dampak yang terjadi di kemudian hari termasuk pengeluaran biaya yang tidak terduga. Selain itu, perawatan rutin ini juga membantu dalam memperpanjang umur kendaraan ataupun nilai jual kembali pada kendaraan.
General Manager After Sales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto, menjelaskan perawatan berkala di servis akan memberikan banyak manfaat untuk menunjang kegiatan sehari-hari hingga menjaga nilai jual mobil tetap tinggi. Bahkan dengan melakukan perawatan berkala bisa membuat pemilik mobil terhindar dari kerusakan parah yang bisa membuat kerugian sangat besar.
“Perawatan berkala memiliki banyak manfaat untuk konsumen, seperti memastikan mobil dalam kondisi aman melalui pemeriksaan dan perawatan rutin dapat mencegah terjadinya potensi kesalahan mekanik, memaksimalkan performa terbaik mobil dan meningkatkan kepuasan berkendara, menghemat biaya yang timbul akibat kerusakan serius dan menghindari biaya perbaikan yang besar yang timbul, memperpanjang umur kendaraan, serta meningkatkan nilai jual kembali kendaraan. Perawatan berkala dapat menjaga kondisi mobil yang pada akhirnya menentukan nilai jual kembali mobil dengan faktor kondisi fisik, riwayat kendaraan termasuk catatan kecelakaan, dan catatan perawatan di bengkel resmi,” ungkap Boediarto.
Perawatan berkala dimulai sejak 1.000 km / 1 bulan setelah konsumen menerima kendaraan baru. Setelah itu dilanjutkan setiap periode 10.000 / 6 bulan sekali. Boediarto juga menjelaskan konsumen dapat memanfaatkan informasi mengenai waktu dan jadwal pelaksanaan servis berkala melalui service reminder call Call Center ataupun customer service dealer, fitur service reminder di aplikasi, maupun logo peringatan keperluan servis yang muncul di Multi Information Display (MID) mobil.
| Item | Keuntungan | Keterangan Pelaksanaan | Periode Pelaksanaan |
| Oli mesin | Performa mesin maksimal dengan penggunaan oli mesin sesuai rekomendasi | Kondisi kendaraan termasuk oli akan diperiksa saat konsumen melakukan servis di bengkel resmi. Setelah diperiksa oli mesin kendaraan konsumen akan mendapatkan pergantian | Setiap kelipatan 10.000 KM |
| Sistem Pengereman | Memastikan sistem pengereman bekerja dan dalam kondisi optimal, mencegah kegagalan sistem mekanis pengereman saat kendaraan sedang beroperasi | Dilakukan pemeriksaan saat servis di bengkel resmi setiap perawatan berkala. | Setiap kelipatan 20.000 KM |
| Filter AC | Untuk memastikan kondisi filter ac dalam kondisi baik & bersih guna mencegah debu tersirkulasi di dalam kabin kendaraan |
Dilakukan pemeriksaan pada saat konsumen melakukan servis di bengkel resmi setiap perawatan berkala. | Pengecekan dilakukan setiap kelipatan 10.000 KM |
| Filter Udara | Memastikan kondisi filter udara dalam kondisi baik dan bersih, serta mencegah debu dari luar masuk ke ruang mesin kendaraan | Dilakukan pemeriksaan saat servis di bengkel resmi. | Pengecekan dilakukan setiap kelipatan 10.000 km dan pergantian setiap 40.000 km |
| Filter Bahan Bakar | Memastikan kondisi filter bahan bakar dalam kondisi baik dan bersih, serta mencegah kotoran dari penggunaan bahan bakar masuk ke ruang bahan bakar kendaraan | Diperiksa pada saat servis perawatan berkala di bengkel resmi. | Untuk mesin bensin, pengecekan dan penggantian dilakukan pada 60.000 km. Untuk mesin diesel, pengecekan dilakukan setiap 10.000 km dan pergantian pada 20.000 km |
| Battery/ Aki | Aki sesuai standar memiliki kualitas tinggi, mendapatkan garansi resmi dan memberikan rasa aman saat berkendara | Kondisi aki akan di cek level battery fluid lalu menggunakan battery tester pada saat melakukan servis di bengkel resmi. Pembelian dan pemasangan genuine battery di bengkel resmi Mitsubishi mendapatkan garansi 1 tahun/ 10.000 km |
Pengecekan dilakukan pada servis gratis pertama 1.000 km dan setiap kelipatan 10.000 km. |
| Ban | Ban rekomendasi bengkel resmi memiliki kualitas tinggi dan memberikan rasa aman saat berkendara |
Kondisi ban kendaraan akan diperiksa secara keseluruhan lalu akan di cek menggunakan tire depth gauge 2 | Pengecekan dan pelaksanaan rotasi ban dilakukan tiap 10.000 km |
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id