Ilustrasi sekring mobil. Suzuki
Ilustrasi sekring mobil. Suzuki

Tips Otomotif

Aneka Warna-Warni Sekring

Otomotif tips mobil tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 10 Januari 2021 09:00
Jakarta: Sekring merupakan salah satu komponen penting untuk mengamankan kelistrikan di kendaraan bermotor. kalau diamati dan cermati, khususnya untuk sekring model blade, memiliki desain yang menarik karena warna warni bentuknya.
 
Warna-warna yang ada di Sekring tersebut bukan diperuntukan sebagai estetika, namun ada maksud lainnya. Warna-warna ini menunjukan jumlah arus listrik. Suzuki melalui laman resminya mencoba mengurutkan warna-warna yang ada di sekring;
 
1. Cokelat: 7.5 ampere
2. Merah: 10 ampere
3. Biru: 15 ampere
4. Kuning: 20 ampere
5. Putih: 25 ampere
6. Hijau: 30 ampere
7. Orange: 45 ampere
 
Peran sekring di sini sangat dibutuhkan, yang mana fungsi sekring mobil dapat memotong arus listrik bila terjadi kelebihan muatan arus. Kendati demikian, adanya sekring juga tidak akan berpengaruh dalam kondisi normal.
 
Sekring juga tidak akan memotong arus jika arusnya normal, karena komponen ini mampu mendeteksi kondisi arus tersebut. Adanya sekring ini sudah pasti sangat dibutuhkan oleh kendaraan, termasuk mobil, untuk selalu menjaga performa mobil menjadi tetap seimbang.
 
Nah jadi sekarang jangan bingung lagi ketika membuka kotak sekring di mobil ketika ada sekring yang putus. Sudah tahukan maksud dari warna-warni di dalamnya?
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif