Trik menyusun barang bawaan di kabin SUV agar penumpang tetap nyaman. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Trik menyusun barang bawaan di kabin SUV agar penumpang tetap nyaman. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Siasati Barang Bawaan di SUV, agar Kabin Tetap Lapang

Otomotif safety driving road safety tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 03 Juni 2019 13:30
Jakarta: Lapang dan muat banyak penumpang salah satu alasan mobil jenis soprtutility vehicle (SUV) masih menjadi primadona oleh masyarakat Indonesia. Tapijangan salah, karena tidak tersedianya bagasi, mobil jenis SUV juga bisa terasasempit, terlebih jika Anda membawa barang berlebih.
 
Kebiasaan memaksakan membawa banyak barang ini kerap kali dilakukan denganberagam cara, mulai dari menyusun barang dalam kabin berlebih denganmengorbankan kenyamanan penumpang, hingga menggunakan roofbox atau bagasitambahan yang dipasang di atap mobil.
 
Nah bagi Anda yang memiliki mobil SUV seperti Nissan Terra, ada tips yang bisaditerapkan untuk mengatur barang bawaan di dalam mobil. Tentu saja aspekkenyamanan tetap diperhatikan agar penumpang tidak merasa terganggu. Berikutbeberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatur bagasi saat mudik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Siasati Barang Bawaan di SUV, agar Kabin Tetap Lapang
 
Jika SUV Anda terisi penuh 7 penumpang, perhatikan barang bawaan yang akandimuat dalam kendaraan. Pastikan beban barang-barang Anda tidak melebihi batasatau kapasitas. Gunakan tas atau koper yang tepat dengan yang berukuran sedanghingga kecil. Karena semakin besar tas atau koper yang dimasukkan ke kabin, akanmenyita ruang.
 
Berbeda jika mobil tersebut hanya diisi 5 penumpang, maka jok baris ketiga dapatdilipat dan dimanfaatkan sebagai bagasi, karena Nissan Terra memiliki pelipatanbangku belakang yang bisa merapat ke lantai. Dengan fitur ini, jok baris ketigabisa terlipat dan dapat dimanfaatkan untuk membawa barang bawaan.
 
Siasati Barang Bawaan di SUV, agar Kabin Tetap Lapang
 
Susun dan letakkan koper atau barang yang besar paling bawah di bagasi. Haltersebut untuk mencegah kerusakan isi maupun fisik tas. Perlu diperhatikan,masalah ini berkaitan dengan keselamatan berkendara. Hindari tumpukan barangsampai menutupi kaca mobil baik kaca belakang atau samping.
 
"Menyusun barang di kendaraan adalah berdasarkan bobot, yang paling beratdiletakan paling bawah dan tengah. Kalau menaruh barang yang paling beratdibelakang otomatis center of gravity-nya pindah ke belakang," jelas Sony kepadaMedcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif