NEWSTICKER
Penggunaan Roof Box di mobil harus penuhi aspek keselamatan berkendara. Roofbox
Penggunaan Roof Box di mobil harus penuhi aspek keselamatan berkendara. Roofbox

Tips Knowledge

Tiga Hal yang Mesti Diperhatikan saat Pasang Roof Rack di Mobil

Otomotif tips mobil safety driving tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 20 Maret 2020 09:33
Jakarta: Meski pemasangan roof box atau roof rack lebih cocok di aplikasi pada mobil sejenis sport utility vehicle (SUV), namun tetap ada hal yang harus diperhatikan pemilik mobil. Salah satunya seperti bobot barang yang dibawa serta kualitas dari kompartemen itu sendiri.
 
Kepala Bengkel Auto2000 Salemba Suparna, menyarankan untuk tidak meletakan barang berlebih atau yang memiliki bobot terlalu berat. Hal ini karena roof box atau roof rack diciptakan hanya sebagai kompartemen tambahan saja.
 
“Untuk masalah kenyamanan dan keamanan tidak kami rekomendasikan untuk membawa barang berat atau berlebih karena bisa mengakibatkan bahaya. Memasang roof rack dan roof rail juga tidak boleh sembarang, cari yang berkualitas,” kata Suparna seperti ditulis Auto2000.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lantas apa saja risiko atau konsekuensi yang mungkin terjadi akibat meletakan barang berat dan berlebih di atap kendaraan. Berikut tiga poin yang wajib dipertimbangkan saat roof rack dan roof rail.
 
Stabilitas
Meletakan barang di atap sama dengan menambah ketinggian mobil. Dalam kondisi tersebut, otomatis akan membuat kestabilan mobil berkurang karena menyebabkan efek body roll yang bertambah. Makin berbahaya lagi saat mobil melesat kencang di jalan tikungan yang membuat potensi mobil limbung dan terguling cukup besar.
 
Aerodinamis
Selain menambahkan tinggi dimensi mobil, meletakan barang pada roof rack atau memasang roof box juga akan berpengaruh pada sisi aerodinamis mobil. Biasanya mobil akan terasa biasa saja saat jalan berlahan, tapi ketika melaju di kecepatan tinggi tarikanya akan terasa berat karena makin besarnya hambatan angin.
 
Boros
Dengan tambahan beban di atap yang mempengaruhi aerodinamis mobil, ujungnya juga berdampak pada tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih boros dari biasanya. Apalagi bobot tersebut bahkan hanya di dapat dari berat barang bawaan saja, namun juga dari jumlah penumpang.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif