<i>Coating</i> Kaca Mobil Hanya Bertahan Dua Pekan?
Coating di kaca mobil paling lama bertahan hanya dua pekan, karena tergerus permukaan wiper. Dok
Jakarta: Melapisi kaca mobil dengan pelapis khusus untuk kaca, memang akan membuat kaca mobil kembali tampil baru. Namun jangan salah kaprah tentang tampilan yang baru tersebut dengan mengabaikannya tanpa perawatan.

Menurut President Director Makko Group sekaligus CEO & Founder XTO Indonesia, Christopher Sebastian, bahwa coating kaca mobil itu hanya akan bertahan paling lama dua pekan. Terlebih di saat musim penghujan yang menuntut operasional wiper dilakukan setiap hari.

"Menggunakan coating khusus untuk kaca depan memang ampuh untuk menghalau air menempel di permukaan. Tapi lama kelamaan harus pakai wiper juga, terutama jika sudah kecipratan lumpur. Kalau permukaan yang sudah di-coating tersapu oleh wiper secara terus menerus, maka lapisan coating akan hilang sehingga butuh perawatan kembali. Bukan hanya dengan mencuci saja," klaim Christopher.

Ia juga menegaskan bahwa banyak orang yang merasa bahwa melakukan perawatan kaca dengan coating, adalah bisa meringankan pekerjaan untuk merawat kaca bagian depan. Menurutnya sama saja, karena perawatan harus tetap dilakukan jika mobil sudah terkena kotoran dan debu.


"Bagian kaca yang teroksidasi apalagi setelah lapisan coating-nya sudah hilang, maka itu akan membuat jamur cepat muncul. Kalau sudah begini kembali diperlukan proses dari awal lagi yaitu mengangkat jamur dengan cairan yang ada scrub-nya, kemudian memoles dan ketiga menggunakan coating."

Biasanya untuk melakukan perawatan intens seperti itu, mayoritas orang akan memilih salon mobil. Tapi menyangkut biaya, tentu akan sangat mahal jika harus melakukannya setiap dua pekan sekali.

Cara lainnya adalah dengan membeli sendiri produk perawatan khusus untuk kaca mobil. Beberapa produk mulai dari yang murah biasanya banyak dijual di supermarket, sampai yang pro seperti XTO Car Care bisa jadi pilihan. Khusus untuk kaca terdapat



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id