Jakarta: Pengguna Skuter Matik kerap mengalami kendala suara ngelitik yang muncul pada head silinder, terutama saat putaran gas atau RPM mesin meningkat. Suara tersebut biasanya mengikuti besaran RPM mesin, di mana semakin tinggi putaran mesin, semakin cepat bunyi ngelitik terdengar.
Penyebab utama suara ngelitik ini terletak pada bagian klep, khususnya jika setelan celah klep atau valve sudah tidak sesuai. Jika celah klep terlalu renggang, maka akan terjadi benturan yang tidak normal antara pantat klep dan rocker arm.
Benturan ini menyebabkan munculnya suara ngelitik yang mengganggu. Untuk memastikan ukuran celah klep kembali sesuai standar, penyetelan tidak boleh dilakukan sembarangan. Proses ini memerlukan alat khusus yang disebut fuller gauge.
Fuller gauge adalah alat berbentuk lempengan besi yang terdiri dari beberapa ukuran celah atau gap. Alat ini berfungsi untuk mengukur kerenggangan celah klep dengan presisi. Selain itu, fuller gauge juga sering digunakan untuk mengukur celah elektroda busi.
Dengan menggunakan alat ini, celah klep bisa diatur sesuai spesifikasi yang tertera di buku manual setiap motor. Jika kerenggangan klep sudah diatur dengan benar, suara ngelitik pada head silinder biasanya akan hilang.
Penting untuk diketahui bahwa setiap motor memiliki standar kerenggangan celah klep yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengikuti panduan yang ada di buku manual motor atau membawa motor ke bengkel resmi yang terpercaya.
Salah satunya adalah bengkel AHASS, yang memiliki mekanik berpengalaman serta peralatan lengkap untuk menyetel klep dan melakukan perawatan motor secara optimal.
Selain itu, pengguna motor Skuter Matik juga disarankan untuk menjadwalkan perawatan rutin di bengkel AHASS agar seluruh komponen motor, termasuk ban, tetap bekerja optimal. Layanan booking service dan layanan kunjung AHASS juga bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pemilik motor dalam melakukan perawatan tanpa mengganggu aktivitas harian.
Jakarta: Pengguna
Skuter Matik kerap mengalami kendala suara ngelitik yang muncul pada
head silinder, terutama saat putaran gas atau RPM mesin meningkat. Suara tersebut biasanya mengikuti besaran RPM mesin, di mana semakin tinggi putaran
mesin, semakin cepat bunyi ngelitik terdengar.
Penyebab utama suara ngelitik ini terletak pada bagian klep, khususnya jika setelan celah klep atau valve sudah tidak sesuai. Jika celah klep terlalu renggang, maka akan terjadi benturan yang tidak normal antara pantat klep dan rocker arm.
Benturan ini menyebabkan munculnya suara ngelitik yang mengganggu. Untuk memastikan ukuran celah klep kembali sesuai standar, penyetelan tidak boleh dilakukan sembarangan. Proses ini memerlukan alat khusus yang disebut fuller gauge.
Fuller gauge adalah alat berbentuk lempengan besi yang terdiri dari beberapa ukuran celah atau gap. Alat ini berfungsi untuk mengukur kerenggangan celah klep dengan presisi. Selain itu, fuller gauge juga sering digunakan untuk mengukur celah elektroda busi.
Dengan menggunakan alat ini, celah klep bisa diatur sesuai spesifikasi yang tertera di buku manual setiap motor. Jika kerenggangan klep sudah diatur dengan benar, suara ngelitik pada head silinder biasanya akan hilang.
Penting untuk diketahui bahwa setiap motor memiliki standar kerenggangan celah klep yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengikuti panduan yang ada di buku manual motor atau membawa motor ke bengkel resmi yang terpercaya.
Salah satunya adalah bengkel AHASS, yang memiliki mekanik berpengalaman serta peralatan lengkap untuk menyetel klep dan melakukan perawatan motor secara optimal.
Selain itu, pengguna motor Skuter Matik juga disarankan untuk menjadwalkan perawatan rutin di bengkel AHASS agar seluruh komponen motor, termasuk ban, tetap bekerja optimal. Layanan booking service dan layanan kunjung AHASS juga bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pemilik motor dalam melakukan perawatan tanpa mengganggu aktivitas harian.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)