Mobil jarang dipakai banyak timbulkan kerusakan. Ipocars
Mobil jarang dipakai banyak timbulkan kerusakan. Ipocars

Mobil Jarang Dipakai? Wajib Cek Komponen Ini

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 18 April 2019 07:39
Jakarta: Kondisi mobil yang Anda simpan dan jarang dipakai bukan berarti akan lebih awet atau terbebas dari kerusakan. Justru mobil yang jarang digunakan rentan mengalami masalah. Terutama di bagian kaki-kaki. Diperlukan trik-trik tersendiri jika mobil itu akan disimpan dalan waktu lama dan hanya dipanaskan saja untuk membuatnya tetap sehat.
 
"Masalah yang sering timbul akibat mobil jarang dipakai biasanya menyerang bagian karet. Seperti karet wiper, ban mobil, dan kaki-kaki," beber Mus Mulyadi, Kepala Bengkel Autopit di Kalimalang, Jakarta Timur, kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.
 
Mobil yang terlalu lama tidak dipakai akan membuat ban mengempis dan cepat rusak. Sebaiknya mengakalinya dengan dengan menopang/mengganjal mobil menggunakan alat penyangga/kayu. Kemudian juga wajib melakukan pengecekan tekanan angin agar bentuk ban tidak berubah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagian karena lain yang biasanya akan mengeras, terlebih jika garasi mobil terpapar sinar matahari, adalah karet wiper mobil mengeras. Untuk membuatnya lebih awet, angkat wiper agar tidak menempel di kaca mobil. Bukan hanya untuk mobil yang terparkir di tempat panas, namun juga untuk mobil yang terparkir di garasi.
 
Masalah yang lain adalah terjadi di sumber tenaga mobil. Problem itu bisa terjadi jika membiarkan aki masih tersambung. Biasanya akan membuat pengapuran di salah satu kutubnya.
 
Untuk menghindari kerusakan, sebaiknya lepas sambungan aki tersebut. Namun Anda juga tak boleh terlalu lama membiarkan aki tidak dipanaskan. Sebab, hal itu bisa membuat aki soak.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif