Jangan asal menangani mobil yang terendam banjir serahkan ke ahlinya. Dok. MI
Jangan asal menangani mobil yang terendam banjir serahkan ke ahlinya. Dok. MI

Waspada Kinerja Rem Mobil Terganggu karena Genangan Air

Otomotif tips mobil safety driving
Ekawan Raharja • 24 Desember 2018 14:38
Jakarta: Intensitas hujan yang tinggi membuat sejumlah banjir di beberapa tempat. Jika ada mobil yang terkena terendam banjir, bisa jadi rem akan terkena akibatnya.
 
Tinggi genangan air bisa dilihat apakah sudah mencapai separuh lebih dari roda atau belum. Jika 3/4 roda sudah terendam air, dipastikan perangkat rem yaitu kampas rem, kaliper dan rotor disc / tromol rem juga akan terendam oleh air.
 
Melalui situs Astra World, kondisi ini dapat mengganggu kinerja pengereman karena kemampuan cengkraman kampas rem dapat menurun setelah terendam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Waspada Kinerja Rem Mobil Terganggu karena Genangan Air
 
konstruksi sistem rem memang sudah dilengkapi dengan karet dan seal pelindung agar air tidak mudah masuk ke dalam caliper dan ke dalam saluran minyak rem. Sehingga saat dikendarai ketika hujan, rem tetap berfungsi dengan baik.
 
Namun terdapat perbedaan kondisi saat melintas air yang menggenang atau bahkan banjir yang terus menerus merendam komponen rem. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan terganggunya kinerja sistem rem yang diakibatkan efek dari genangan air dan banjir yang dapat mempengaruhi baik jangka pendek ataupun jangka panjang.
 
Efek jangka pendek yaitu sesaat setelah melewati genangan air maka rem akan terasa blong sesaat, terutama pada rem yang masih menggunakan tromol. hal ini dikarenakan kampas rem basah dan kondisi tromol masih basah maka cengkramannya berkurang sehingga sesaat setelah melewati genangan, rem akan dirasakan kurang pakem.
 
Waspada Kinerja Rem Mobil Terganggu karena Genangan Air
 
Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pengendara antara lain adalah injak pedal rem setengah dari posisi penuh, dengan kondisi mobil yang tetap berjalan setelah melewati genangan air dengan tujuan agar kampas rem, rotor disc dan tromolnya cepat kering. Sehingga saat menggunakan rem berikutnya sudah normal.
 
Efek jangka panjangnya yang dapat ditimbulkan adalah rem macet dan lengket, kampas rem menempel secara terus menerus di rotor disc dan tromol sehingga putaran roda tertahan. Hal ini disebabkan karena piston yang ada di kaliper selalu menekan kampas rem dan tidak mau kembali ke posisi semula, sehingga posisi pengereman seolah-olah pedal rem ditekan terus.
 
Di sisi lain, pelek yang posisi remnya macet akan cepat panas karena gesekan yang terus menerus saat jalan pada kampas rem dan rotor disc atau tromolnya. Gejala awal rem yang macet biasanya saat kendaraan berjalan akan mengeluarkan bunyi.
 
Sudah pasti soluasi yerbaik jika mobil anda usai tergenang banjir adalah segera di bawa ke bengkel umum. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk memastikan tidak ada komponen yang mengalami kerusakan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif