Lakukan pengecekan dan servis kendaraan pra mudik mulai pekan ini. medcom.id/Ahmad Garuda
Lakukan pengecekan dan servis kendaraan pra mudik mulai pekan ini. medcom.id/Ahmad Garuda

Pekan Ini Jadwal Tepat Servis Kendaraan Pra-Mudik

Otomotif tips mobil tips motor tips knowledge tips mudik
Ahmad Garuda • 20 Mei 2019 08:34
Jakarta: Bagi Anda yang ingin memanfaatkan kendaraan pribadi untuk mudik lebaran nanti, sebaiknya mulai melakukan pengecekan dan servis pra mudik pekan ini. Yaitu 15 hari menjelang lebaran dan mungkin sekitar 10 hari lagi sebelum musim mudik berlangsung.
 
Mengapa demikian? Lantaran jika sertelah servis pra-mudik nanti masih ada yang dirasakan kurang atau terlewat dan cukup vital, masih ada kesempatan untuk kembali ke bengkel dan melakukan perawatan kendaraan.
 
Hal ini juga sudah disarankan sebagian besar bengkel di dealer resmi sebuah brand otomotif. Bahkan beberapa bengkel resmi di antaranya sudah menyarankan melakukan perawatan dan pengecekan mobil sejak awal ramadan. Sehingga nanti jika ada tambahan servis sudah bisa diantisipasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pekan Ini Jadwal Tepat Servis Kendaraan Pra-Mudik
 
"Kalau mau servis mobil, silakan melakukannya dari sekarang. Kalau mendekati lebaran, biasanya akan mengalami antre panjang saat servis mobil," ucap Kiki, mekanik mobil yang praktek di bengkel Autopit di bilangan Bekasi Timur.
 
Pria ramah itu pun berujar bahwa momentum puncak orang-orang melakukan servis mobil pada minggu ketiga dan kedua sebelum lebaran. "Pola ini sudah kita lihat melalui pengalaman dari lebaran tahun-tahun sebelumnya."
 
Selain itu, dengan tenggang waktu yang masih tersisa bisa mencegah persiapan yang terlupa/terlewat saat servis mobil. "Servis ringan bisa dengan tune up, karena tune up merupakan standar yang umum dan mencakup beberapa pekerjaan. Di antaranya penyetelan klep, pengecekan pengapian, cek filter udara, filter bensin, throttle body, pemeriksaan busi dan oli."
 
Masyarakat juga dapat memanfaatkan program khusus untuk aftersales yang diberikan para agen pemegang merek (APM). Biasanya untuk menyambut mudik lebaran para APM memberikan potongan harga untuk layanan purna jual dan beberapa suku cadang.
 
Tentu saja kesempatan ini bisa dimanfaatkan bagi para calon pemudik yang ingin pulang kampung dengan mobilnya. Selain menghemat waktu, servis saat ini juga menghemat kocek.
 
Tips ini bukan hanya berlaku bagi Anda yang ingin melakukan mudik menggunakan mobil, namun juga bagi Anda yang senang melakukan perjalanan berkendara sepeda motor.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif