New Daihatsu Sirion gunakan transmisi D-CVT. Medcom.id/Ekawan Raharja
New Daihatsu Sirion gunakan transmisi D-CVT. Medcom.id/Ekawan Raharja

Tips Otomotif

2 Kunci Perawatan Transmisi D-CVT, Gampang Kok

Ekawan Raharja • 23 Juni 2022 15:00
Tomohon: Sejumlah mobil dari Daihatsu menggunakan transmisi Dual-Continous Variable Transmission (D-CVT) untuk model Rocky dan New Sirion. Meski teknologi ini tergolong baru, namun untuk perawatannya tidaklah sulit untuk dilakukan pemilik mobil.
 
Technical Service Division Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi, menjamin bahwa D-CVT yang dikembangkan oleh perusahaan memiliki daya tahan yang tinggi. Sehingga untuk perawatannya tergolong mudah, cukup 2 kunci yang harus diperhatikan.
 
"Kalau kuantitas dan kualitas oli transmisi dijaga dengan baik, D-CVT Daihatsu Sirion bisa tahan lama. Mungkin bisa seumur hidup," kata Bambang di Tomohon Sulawesi Utara.
 
Dari segi kuantitas, pemilik mobil harus memperhatikan apabila ada kebocoran yang terjadi. Jangan sampai volume oli transmisi tidak sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pabrikan.
 
Selain itu pastikan juga menggunakan oli transmisi yang sesuai dengan kebutuhan D-CVT. Dia juga menyebutkan bahwa jadwal pergantian oli transmisi ini mencapai 80 ribu kilometer atau 3 tahun sekali.
 
Executive Coordinator Head of Product Department PT Astra Daihatsu Motor, Dendy Triyanto, menerangkan teknologi transmisi D-CVT New Daihatsu Sirion memiliki perbedaan signifikan dengan transmisi otomatis CVT.
 
Transmisi CVT digerakkan oleh puli dan sabuk baja. Sedangkan untuk D-CVT ditambah dengan planetary gear planetary gear. Sistem gigi tambahan itu oleh Daihatsu disebut dengan split-gears system.

 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif