Jakarta: Ban memiliki fungsi penting sebagai penggerak motor, baik ban bagian depan maupun ban belakang. Fungsi ban sangat penting karena ban bersinggunan langsung dengan permukaan jalan.
Bagi sebagian besar pengendara skuter matic, pasti pernah mengalami ban motor terasa goyang dan tidak stabil yang membuat berkendara tidak nyaman dan membahayakan pengendara. Dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, berikut ini penyebab ban belakang skutik terasa goyang.
Usia pemakaian sudah lama
Faktor penyebab yang utama adalah umur pemakaian yang sudah lama. Biasanya, masalah yang akan timbul adalah karet bos engine mounting mengeras atau getas sehingga mudah pecah.
Pecahnya karet tersebut menjadi penyebab ban belakang menjadi goyang. Solusinya adalah langsung mengganti karet engine mounting tersebut. Untuk melepas dan memasangnya perlu teknik khusus yang harus dipahami dan harus dilakukan oleh ahli.
Caranya, karet engine mounting harus dibor dahulu agar teksturnya hancur. Kemudian, mata bor dicocokkan dengan ukuran karet tersebut. Setelah itu, karet tersebut didorong pelan-pelan hingga keluar dari lubang crankcase.
Leher komstir aus
Selain bagian roda yang bermasalah, bagian motor lain seperti komstir juga bisa mempengaruhi jalannya roda kendaraan. Leher komstir yang aus bisa menyebabkan motor menjadi tidak stabil akibat stang yang sulit dikendalikan.
Bearing yang aus tersebut dapat dikarenakan oleh pemasangan yang terlalu kencang pada komstir, sehingga mudah kering. Banyak juga yang mengira jika ban motor bergoyang disebabkan oleh masalah pada velg dan shockbreaker.
Bearing as roda belakang rusak
Bagian bearing as roda belakang yang terganggu juga menjadi salah satu penyebab ban belakang motor goyang. Jika bearing bagian ini rusak, maka kemungkinan besar akan meleset saat kendaraan dijalankan.
Bearing as roda belakang bisa rusak karena oli gardan yang jarang diganti. Oleh karena itu usahakan untuk selalu mengganti oli yang baru agar performa mesin kendaraan mulus. Kerusakan pada bagian ini juga akan merusak komponen-komponen terkait lainnya.
Bearing roda depan rusak
Selain bearing as bagian belakang, bearing as bagian depan yang rusak juga mengganggu ban motor. Kerusakan tersebut bisa disebabkan oleh karat pada bearing yang tidak segera dicuci sehingga lama-kelamaan mengering dan bisa jebol.
Mur as roda kendor
Selain karet dan karat, mur as roda yang kendor juga menyebabkan bagian ban belakang bergoyang saat dijalankan. Akibatnya laju kendaraan tidak stabil. Maka Anda harus mengencangkan kembali mur tersebut dengan sesuai.
Mur-Mur dan suspensi belakang kendor
Mur-mur dan suspensi di bagian belakang yang mengalami kendor juga menjadi masalah utamanya. Pasalnya, semua komponen belakang motor ini berpengaruh terhadap kestabilan motor. Jadi, lakukan pengecekan secara rutin dengan cara mengencangkan mur yang kendor.
Velg peang
Penyebab ban motor goyang yang terakhir adalah velg yang peang atau tidak berbentuk lingkaran sempurna. Kondisi ini bisa terjadi akibat kendaraan sering menghantam lubang jalan atau menabrak sesuatu objek yang keras.
Maka dari itu berkendaralah dengan hati-hati saat menemui lubang, tarik grip gas dengan kecepatan sewajarnya. Perputaran roda yang tidak stabil tentu akan sangat mengganggu dan membahayakan pengendara.
Jika kerusakan pada velg tidak begitu parah, maka bisa melakukan press pada bagian yang bengkok. Jika kerusakannya parah, sebaiknya mengganti velg yang baru.
Jakarta: Ban memiliki fungsi penting sebagai penggerak motor, baik ban bagian depan maupun ban belakang. Fungsi ban sangat penting karena ban bersinggunan langsung dengan permukaan jalan.
Bagi sebagian besar pengendara skuter matic, pasti pernah mengalami ban motor terasa goyang dan tidak stabil yang membuat berkendara tidak nyaman dan membahayakan pengendara. Dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, berikut ini penyebab ban belakang skutik terasa goyang.
Usia pemakaian sudah lama
Faktor penyebab yang utama adalah umur pemakaian yang sudah lama. Biasanya, masalah yang akan timbul adalah karet bos engine mounting mengeras atau getas sehingga mudah pecah.
Pecahnya karet tersebut menjadi penyebab ban belakang menjadi goyang. Solusinya adalah langsung mengganti karet engine mounting tersebut. Untuk melepas dan memasangnya perlu teknik khusus yang harus dipahami dan harus dilakukan oleh ahli.
Caranya, karet engine mounting harus dibor dahulu agar teksturnya hancur. Kemudian, mata bor dicocokkan dengan ukuran karet tersebut. Setelah itu, karet tersebut didorong pelan-pelan hingga keluar dari lubang crankcase.
Leher komstir aus
Selain bagian roda yang bermasalah, bagian motor lain seperti komstir juga bisa mempengaruhi jalannya roda kendaraan. Leher komstir yang aus bisa menyebabkan motor menjadi tidak stabil akibat stang yang sulit dikendalikan.
Bearing yang aus tersebut dapat dikarenakan oleh pemasangan yang terlalu kencang pada komstir, sehingga mudah kering. Banyak juga yang mengira jika ban motor bergoyang disebabkan oleh masalah pada velg dan shockbreaker.
Bearing as roda belakang rusak
Bagian bearing as roda belakang yang terganggu juga menjadi salah satu penyebab ban belakang motor goyang. Jika bearing bagian ini rusak, maka kemungkinan besar akan meleset saat kendaraan dijalankan.
Bearing as roda belakang bisa rusak karena oli gardan yang jarang diganti. Oleh karena itu usahakan untuk selalu mengganti oli yang baru agar performa mesin kendaraan mulus. Kerusakan pada bagian ini juga akan merusak komponen-komponen terkait lainnya.
Bearing roda depan rusak
Selain bearing as bagian belakang, bearing as bagian depan yang rusak juga mengganggu ban motor. Kerusakan tersebut bisa disebabkan oleh karat pada bearing yang tidak segera dicuci sehingga lama-kelamaan mengering dan bisa jebol.
Mur as roda kendor
Selain karet dan karat, mur as roda yang kendor juga menyebabkan bagian ban belakang bergoyang saat dijalankan. Akibatnya laju kendaraan tidak stabil. Maka Anda harus mengencangkan kembali mur tersebut dengan sesuai.
Mur-Mur dan suspensi belakang kendor
Mur-mur dan suspensi di bagian belakang yang mengalami kendor juga menjadi masalah utamanya. Pasalnya, semua komponen belakang motor ini berpengaruh terhadap kestabilan motor. Jadi, lakukan pengecekan secara rutin dengan cara mengencangkan mur yang kendor.
Velg peang
Penyebab ban motor goyang yang terakhir adalah velg yang peang atau tidak berbentuk lingkaran sempurna. Kondisi ini bisa terjadi akibat kendaraan sering menghantam lubang jalan atau menabrak sesuatu objek yang keras.
Maka dari itu berkendaralah dengan hati-hati saat menemui lubang, tarik grip gas dengan kecepatan sewajarnya. Perputaran roda yang tidak stabil tentu akan sangat mengganggu dan membahayakan pengendara.
Jika kerusakan pada velg tidak begitu parah, maka bisa melakukan press pada bagian yang bengkok. Jika kerusakannya parah, sebaiknya mengganti velg yang baru.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(PRI)