Ada beberapa risiko yang harus dihadapi jika sepeda motor terus melaju tanpa aki, dan tentunya beberapa masalah siap menanti. Suzuki
Ada beberapa risiko yang harus dihadapi jika sepeda motor terus melaju tanpa aki, dan tentunya beberapa masalah siap menanti. Suzuki

Tips Knowledge

Efek Negatif Motor yang Tak Memakai Aki

Otomotif tips motor perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 30 Maret 2020 14:27
Jakarta: Pada sepeda motor khusunya yang berteknologi karburator, bisa saja menjalankan sepeda motor meski tanpa aki. Ada beberapa risiko yang harus dihadapi jika sepeda motor terus melaju tanpa aki, dan tentunya beberapa masalah siap menanti.
 
Aki memang berfungsi karena menyediakan listrik, sementara kelistrikan sepeda motor juga disuplai oleh spul. Walaupun demikan, sepeda motor tanpa aki bisa menimbulkan beberapa efek negatif. Apa saja efek negatif sepeda motor tanpa aki?
 
Sulit Menghidupkan Mesin
Untuk menghidupkan sepeda motor, kita cuma harus menekan tombol start yang ada di stang kemudian mesin nyala dan siap ditunggangi. Tetapi ingat, sistem elektrik starter ini memakai tenaga listrik dan yang menyediakan listrik ketika mesin mati cuma aki.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini artinya ketika motor tidak memakai aki, maka kita tidak bisa memakai fitur electric starter. Untuk menyalakan mesin perlu menggunakan kick starter.
 
Lampu Sein Tidak Berkedip
Mungkin sering melihat sepeda motor yang lampu seinnya berkedip sangat cepat atau bahkan tidak berkedip sama sekali (nyala terus menerus). Itu ternyata bukan masalah lampu sein, tapi karena tegangan listrik yang kurang sehingga flasher yang tugasnya mengedipkan menjadi tidak maksimal kinerjanya.
 
Kenapa tegangan kelistrikan bisa berkurang? Karena RPM mesin rendah, sehingga tegangan listrik yang dihasilkan oleh spul juga rendah. Jika motor ada akinya, hal ini bisa diantisipasi. Tetapi jika motor tanpa aki maka lampu sein akan nyala terus tanpa kedipan kecuali saat mesin sepeda motor di gas.
 
Lampu Sepeda Motor Redup Saat RPM Mesin Rendah
Seperti efek negatif di poin sebelumnya, jika mesin dalam kondisi idle atau langsam maka RPM mesin cuma sekitar 1.000 RPM. Dalam kondisi ini, listrik yang dihasilkan oleh spul terbilang sangat terbatas, sehingga tak kuat untuk melayani beban kelistrikan motor dari sistem pengapian sampai penerangan (lampu). Hal ini berakibat lampu motor yang redup dan lampu hanya akan terang jika motor kita gas.
 
Melihat efek negatif dari tidak memakai aki, ada baiknya jika aku selalu terpasang di sepeda motor kesayangan. Selain lebih nyaman, juga akan merasa lebih aman berkendara.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif