Jangan asal, perhatikan urutan dan bagian sensitif saat cuci motor biar lebih kinclong. Motorcyclevalley
Jangan asal, perhatikan urutan dan bagian sensitif saat cuci motor biar lebih kinclong. Motorcyclevalley

Tips Knowledge

Jaga Kebersihan Kendaraan, Cegah Penyebaran Korona

Otomotif tips motor perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 12 Mei 2020 09:14
Jakarta: Sejumlah perusahaan pun memberlakukan work from home (wfh). Selain bekerja dari rumah, Anda bisa memanfaatkan banyak waktu luang di tengah penerapan pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19. Diantaranya dengan memanjakan tunggangan kesayangan.
 
Menurut Yosi owner bengkel motor Bengbrand, di bilangan Bekasi Timur, hal itu bisa dimulai dengan cara yang sederhana. Yakni mencuci sepeda motor secara menyeluruh, jika perlu dibersihkan menggunakan mesin steam cuci motor seminggu sekali. Sebagai langkah merawat kendaraan agar terhindar dari korosi dan noda membandel, mencuci motor di rumah adalah hal yang paling sederhana dan bisa dilakukan siapa saja.
 
"Kondisi sepeda motor yang kotor bisa mengakibatkan rem belakang menjadi bunyi berdecit. Bunyi tersebut diakibatkan debu atau kotoran yang bergesekan di kampas rem dan tromol, sehingga kerja rem menjadi kurang maksimal," papar Yosi saat berbincang dengan Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tapi agar hasilnya maksimal, kata Yosi, mekanik sekaligus pemilik bengkel motor Bengbrand di Bekasi Timur, mencuci sepeda motor kesayangan ada triknya. Pertama, bersihkan rantai motor terlebih dulu. Ini khusus pengguna motor bebek atau sport, rantai harus dibersihkan dulu sebelum mencuci bagian lain.
 
Alasannya agar bodi atau bagian yang sudah bersih, tidak akan terkena kotoran dari rantai, jika bagian ini dibersihkan belakangan. Debu dan oli dari rantai bakal mengotori lagi bodi dan bagian yang sudah dibersihkan.
 
Kedua basahi bodi motor terlebih dulu sebelum membasuhnya dengan air sabun. Ini dimaksudkan agar noda yang telah mengering dan keras bisa lebih mudah terangkat. Contohnya adalah bangkai serangga yang saat kering susah dibersihkan. Ketiga, perhatikan komponen yang sensitif dengan air. Jangan semprot air bertekanan di area mesin, terlebih saat kondisi mesin dalam keadaan panas, karena komponen-komponen yang terbuat dari logam bisa merenggang dan cepat rusak.
 
Terakhir, perhatikan komponen yang sensitif dengan air, seperti area mesin, bawah tangki bahan bakar, dan area lubang filter udara. Jangan sampai menyemprotkan air di aea sensitif, salah-salah motor Anda bisa mogok saat sudah kinclong usai dicuci. Selanjutnya, periksa komponen yang termasuk fast moving, seprti busi, filter udara, dan oli.
 
Khusus motor matic, jangan lupa periksa bagian CVT yang berfungsi sebagai tenaga penggerak. Untuk motor tipe sport dan bebek yang menggunakan rantai, cek level ketegangannya. Rantai sebagai tenaga penggerak dari mesin ke roda, pasti lama-lama akan kendur.
 
Apalagi jika cara bawa motor yang sering buka-tutup gas atau selalu membawa beban berat, akan lebih cepat kendur. Jadi mulai sekarang luangkan waktu minimal seminggu sekali untuk membersihkan sepeda motor kesayangan. Selain bikin kinerja motor lebih maksimal, motor jadi lebih awet, kinclong dan nyaman dikendarai.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif