Komponen thermostat. suzuki
Komponen thermostat. suzuki

Simak, Ini Fungsi dan Cara Kerja Thermostat Mobil

Otomotif komponen otomotif tips otomotif Suku Cadang
Adri Prima • 10 Mei 2022 18:20
Jakarta: Thermostat merupakan salah satu komponen yang menunjang performa mesin mobil. Thermostat memiliki fungsi penting yaitu untuk mengatur cairan pendingin yang ada pada mesin mobil.
 
Sebagai sistem pendingin, fungsi thermostat mampu mencegah overheat karena mampu menjaga kestabilan suhu mesin. Ukuran thermostat yang kecil ternyata mampu memberikan dampak yang cukup besar pada mobil. 
 
Thermostat terdiri dari dua jenis katup logam otomatis dan memiliki fungsi yang berbeda. Katup buka dan tutup pada thermostat dapat mengendalikan air panas pada ruang mesin dengan air dingin yang ada pada radiator.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fungsi thermostat yang mampu mengatur cairan pendingin yang dialirkan tersebut dapat membuat mesin mobil memiliki tenaga yang besar. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa mobil yang dijalankan tanpa thermostat, tenaganya akan berkurang.

Cara kerja thermostat


Sama halnya seperti komponen lain yang ada pada mobil, thermostat juga memiliki fungsi dan cara kerja sendiri. Setelah memahami fungsi thermostat, maka ada baiknya kita juga mengetahui cara kerja thermostat.
 
Melansir laman resmi Suzuki, cara kerja dari thermostat adalah dengan mengikuti komponen lain yang ada pada sistem pendingin mobil. Awalnya, water pump akan memompa air agar mengarah ke mesin.
 
Setelah dipompa, air akan melewati water jacket atau aliran air yang mengelilingi mesin mobil. Air pendingin tersebut yang akan membuat suhu panas pada mesin keluar melalui selang hingga masuk pada radiator.
 
Jika suhu pada mesin telah mencapai 85 hingga 90 derajat celcius, maka katup thermostat akan membuka. Setelah suhu pada mesin mulai menurun, katup thermostat akan kembali menutup. Katup thermostat akan membuka dan menutup secara otomatis tanpa perlu Anda kendalikan.

Ciri-ciri thermostat mengalami kerusakan


Fungsi thermostat sebagai salah satu komponen penting dalam mobil harus benar-benar dijaga dan jangan sampai mengalami kerusakan. Apabila thermostat pada mobil mengalami kerusakan, maka wajib mengganti dengan yang baru agar mesin mobil berfungsi dengan normal kembali.
 
Thermostat yang mengalami kerusakan dapat dikenali melalui ciri-ciri sebagai berikut: 
 
- Indikator pertama pertama apabila thermostat mobil mengalami kerusakan yaitu membutuhkan waktu cukup lama untuk mencapai suhu kerja mesin. Aliran cairan pendingin yang sudah mengarah ke radiator dalam keadaan masih dingin membuat suhunya rendah karena thermostat terbuka.
 
- Ciri-ciri kedua, thermostat yang terbuka pada suhu kamar atau 30 derajat Celcius juga menjadi salah satu indikator ketika mengalami kerusakan. Apabila Anda menemukan ciri-ciri tersebut pada thermostat mobil, maka dianjurkan untuk segera menggantinya agar fungsinya dapat normal kembali seperti sebelumnya.
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif