Aki mobil tidak perlu dicabut ketika mobil lama ditinggalkan. Bosch
Aki mobil tidak perlu dicabut ketika mobil lama ditinggalkan. Bosch

Perawatan Kendaraan

Pentingkah Cabut Aki saat Mobil Lama Nganggur?

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 30 Juni 2020 14:15
Jakarta: Sering kali pemilik mobil berpergian keluar kota dalam waktu lama dan meninggalkan mobil pribadinya. Namun untuk mobil-mobil keluaran baru, jangan mencabut akinya saat ditinggalkan.
 
Workshop Head PT Astra International Tbk-Isuzu Warung Buncit, Aedy Damhudy, menjelaskan bahwa karakteristik mobil sekarang dan mobil dahulu berbeda.
 
Mobil-mobil generasi sekarang sudah dilengkapi dengan sistem komputerisasi sehingga tidak perlu mencabut aki ketika mobil lama ditinggalkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau dicabut aki mobil dengan teknologi komputerisasi dan kemudian memasangkannya lagi, Kemungkinan besar mobil tidak bisa hidup. Perlu melakukan reset ECU di mobil agar kembali menyala. Pasalnya beberapa komponen di mobil tetap membutuhkan listrik meski kondisi mati," ujarnya beberapa waktu lalu.
 
Dia juga menerangkan bahwa ada kemungkinan aki akan tekor saat ditinggalkan terlalu lama. Namun cara itu bisa dengan mudah diatasi dengan melakukan jumper aki, dan tidak perlu mereset ECU.
 
"Jika memang berpergian dalam waktu lama tidak membawa mobil, sebaiknya dititipkan ke kerabat atau saudara. Jika memang terpaksa ditinggal di rumah dan tidak ada yang bisa dititipi, jangan cabut akinya," pungkasnya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif