Lampu LED dengan tiga titik, tak harus ganti kiprok kalau pasang ini. Medcom.id/Ahmad Garuda
Lampu LED dengan tiga titik, tak harus ganti kiprok kalau pasang ini. Medcom.id/Ahmad Garuda

Pasang Lampu LED di Motor, Tak Perlu Ganti Kiprok

Otomotif aksesoris otomotif tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 22 Januari 2019 07:35
Jakarta: Tak sedikit biker yang yang menganti headlamp motornya dengan lampu LED. Tujuannya agar lebih terang. Tetapi perlukah mengganti kiprok motor agar lampu LED bisa digunakan dengan baik?
 
Menurut Hendra Wibowo, owner bengkel RK Motor, penggunaan lampu LED tidak selalu harus mengganti kiprok. Penggantian kiprok harus dilihat dari keperluan.
 
"Tidak harus selalu ganti kiprok. Kalau tidak banyak aksesoris listrik yang dibebankan ke aki, rasanya masih aman pakai yang standar bawaan dari pabrik," papar pria yang akrab dipanggil Bowo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pasang Lampu LED di Motor, Tak Perlu Ganti Kiprok
 
Bowo juga menambahkan selain mengganti kiprok di motor saat akan memasang LED, bisa juga dilakukan mengganti perangkat yang tidak diperlukan. Hal ini dimaksudkan agar aki tidak terbebani dan tetap awet digunakan.
 
"Selain ganti kiprok saat akan pakai LED, bisa juga diakali dengan melakukan penghematan aksesoris lainnya agar aki tidak terbebani. Contohnya mengganti lampu sein yang watt besar dengan watt yang kecil," pungkas Bowo.
 
Meski LED terbilang lebih tahan lama, serta irit dalam hal konsumsi energi dan juga tidak panas. dibanding ada baiknya pemilihan lampu LED disesuaikan dengan penggunaan kelistrikan pada sepeda motor Anda, biar tidak ada masalah kelistrikan di kemudian hari.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif