Lampu Mobil Berembun, Tanda Segel Penutup Tidak Rapat
Servis lampu mobil harus dilakukan dengan benar agar hasil maksimal. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Jakarta: Musim hujan seperti sekarang, terkadang lampu utama mobil atau disebut juga dengan head light, malah berembun atau kemasukan air. Tentunya ini akan mengganggu kenyamanan dalam hal estitika maupun fungsi lampu itu sendiri.

Kondisi head light yang prima sangat diperlukan, guna mendapatkan pencahayaan yang maksimal, terutama saat musim hujan. Namun, ada beberapa kendala yang bisa bikin lampu utama menjadi tidak maksimal, seperti mika/kaca lampu depan yang berembun.

Agung yang buka bengkel servis khusus lampu mobil di jalan Cut Mutiah, Bekasi Timur, menjelaskan, ada beberapa penyebab lampu mobil berembun.


Menurutnya, saat temperatur di luar menurun atau dingin, udara lembab akan masuk perlahan melewati lubang udara yang berfungsi untuk mengurangi tekanan. Hal ini normal, karena ketika udara luar mulai panas seperti di pagi hari atau di daerah pegunungan, embun akan menguap.

“Tapi tidak semua kendaraan seperti itu, untuk kondisi lampu depan yang sudah pernah dibuka/diservis, embun biasanya tidak bisa hilang saat terkena panas matahari atau saat lampu dinyalakan, karena ada air yang masuk dari dari segel yang tidak rapat,” kata Agung.

Agung membeberkan, cara termudah mengatasinya adalah biarkan lampu depan menyala,  sampai titik air atau embun menghilang/kering. Namun lain lagi masalahnya jika sudah ada genangan air di bagian bawah lampu, cara yang paling ampuh adalah membuka lampu, kemudian dikeringkan dan dibersihkan.

Disarankan, untuk membersihkan air/embun pada lampu depan dengan cara dibuka, harus menutup kembali segel dengan rapat dan benar. Agar udara tidak masuk (kedap udara). Jika tidak maka akan terulang lagi masalah yang sama.

Bila tidak yakin, Agung juga menyarankan untuk diserahkan kepada ahlinya. Sebagai gambaran, bengkel servis lampu mobil di tempatnya, mengenakan biaya sekitar Rp350 ribu (sepasang lampu), untuk mobil jenis Avanza. “Harga nego mas, kita lihat dulu, tergantung kondisi kerusakannya,” tutup Agung.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id