Jangan biarkan air terkena komponen yang terkait kelistrikan ketika membersihkan ruang mesin. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jangan biarkan air terkena komponen yang terkait kelistrikan ketika membersihkan ruang mesin. Medcom.id/Ekawan Raharja

Mau Mesin Mobil Tampil Kinclong? Begini Teknik Mencuci yang Aman

Otomotif tips mobil perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 04 Januari 2020 15:05
Jakarta: Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membuat awet mesin adalah dengan membersihkan ruang mesin. Nah bagi Anda yang ingin ruang mesin mobil kesayangan selalu klimis dan mencegah berbagai komponen mesin dari kerusakan seperti karatan, kerak, atau debu-debu yang bisa masuk ke dalam mesin, tidak ada salahnya menjadikan libut akhir pekan untuk waktu bersih-bersih.
 
Namun perlu diketahui, membersihkan ruang mesin mobil agar tetap kinclong dan bersih dibutuhkan kehati-hatian dan ketepatan, karena di dalam ruang mesin mobil ada beberapa komponen yang tidak boleh terkena air seperti kabel, aki, hingga berbagai sensor. Pasalnya, bila salah teknik efeknya malah merusak komponen kelistrikan atau terjadi korsleting bagian-bagian yang sensitif.
 
Spesialis bengkel mobil Fahmi Jaya Motor yang praktek di kawasan Bekasi Timur berbagi tips terkait teknik mencuci ruang mesin mobil yang aman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tutup Komponen Elektrikal
Sebelum membersihkan ruang mesin, sebaiknya melindungi komponen elektrikal atau kelistrikan. Caranya yaitu membungkus atau menutup perangkat elektrik yang sensitif yang ada pada mesin menggunakan plastik, alumunium foil atau apa saja asalkan perangkat elektrik di dalam mesin aman dari air. Seperti aki, alternator, ECU, dan box yang berisi fuse-fuserelay.
 
Namun perlu diingat saat membersihkan ruang mesin mobil sistem kelistrikan dalam mobil harus keadaan mati. Perhatikan juga bagian kabel-kabel kelistrikan yang mengelupas, untuk dilapisi dengan penutup yang aman.
 
Jangan Gunakan Air Bertekanan
Pemilik mobil disarankan untuk tidak menyemprot ruang mesin dengan air bertekanan tinggi. Khawatirnya, akan menimbulkan kerusakan pada beberapa komponen sensor-sensor.
 
Anda bisa menggunakan spray agar air tidak mengucur terlalu deras atau terciprat kemana-mana. Sambil menyemprotkan air ke ruang mesin mobil, lap dengan sedikit tekanan pada bagian-bagian yang terkena noda yang membandel.
 
Jika masih terdapat noda bisa menggunakan sikat dan menambahkan sabun colek agar ruang mesin mobil bersih dan kinclong. Perhatikan ketika membersihkan dan tetap berhati-hati agar sabun tidak merembes ke sistem kelistrikan mobil kesayangan.
 
Segera Keringkan
Setelah dicuci, langkah ketiga adalah mengeringkannya. Bila terlalu lama air didiamkan, akan membuat timbulnya karat di beberapa komponen mesin.
 
Untuk mengeringkannya, sebaiknya menggunakan kompresor. Sehingga keberadaan air yang ada di sela-sela sempit bisa terjangkau. Namun, apabila tidak memiliki alat tersebut, cukup menggunakan lap microfiber.
 
Terakhir hal yang terkesan sepele namun sangat penting ialah mengecek kembali kondisi ruang mesin. Pastikan tidak ada alat-alat cuci mobil seperti kain lap yang tertinggal di dalam.
 
Nah, itulah tips bikin ruang mesin mobil Anda kinclong. Bersihkan ruang mesin mobil Anda dengan rajin. Supaya mesin mobil tetap bersih dan kinclong.

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif