Ilustrasi: Medcom.id/Rakhmat Riyandi
Ilustrasi: Medcom.id/Rakhmat Riyandi

Keselamatan Lalu Lintas

Ingat! Kecelakaan Lalu Lintas Banyak Disebabkan Faktor Kecepatan

Otomotif tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 30 Juni 2020 17:23
Jakarta: Menurut data dari WHO, kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi ketiga di dunia.
 
Menurut data kepolisian, kecelakaan yang terjadi di Indonesia sepanjang 2014 mencapai 95.906 kasus, yang menelan korban jiwa sebanyak 28.987, dan kebanyakan korban berusia produktif antara16-30 tahun.
 
Mantan Kepala Bidang Manajemen Operasi dan Rekayasa Korlantas Polri, Kombes Polisi Unggul Sedyantoro mengatakan, sepeda motor merupakan kendaraan yang paling banyak teribat dalam kecelakaan lalu lintas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Unggul juga menjelaskan, kecelakaan tersebut akibat kecepatan mulai dari cara mendahului, hingga kemampuan menguasai kendaraan saat melaju kencang.
 
Tidak hanya itu, menurut data yang dimiliki Korlantas Polri, faktor kecepatan menyumbang hingga 40 persen faktor kecelakaan lalu lintas di jalan raya.
 
Jadi perlu diingat, berkendara tidak hanya membutuhkan kemampuan. Kesabaran juga menjadi elemen penting. Sebab beragam kejadian di jalan sangat memungkinkan pengemudi jadi kesal. Termasuk saat menemui situasi ingin mendahului/menyalip kendaraan lain.
 
Ada trik khusus agar tak menemui kendala ketika melakukan manuver tersebut. Menurut Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Boy Falatehansyah, usahakan menaikkan putaran mesin minimal 3.000 rpm sebelum menyalip.
 
Hal itu dilakukan agar mobil tidak kehilangan tenaga dan momen saat menyalip. Terutama di kondisi jalan menanjak. Selain itu, beri tanda dengan menyalakan lampu sein agar kendaraan yang berada di belakang dan depan tahu Anda akan menyalip kendaraan.
 
Dengan begitu, mereka dapat memberi ruang dan jarak aman. Jangan menyalip jika ragu atau bila Anda tidak yakin. Blind spot ini juga meliputi area persimpangan, tikungan, perumahan, jalan berbukit, area padat bangunan, kendaraan yang parkir di bahu jalan, area berdebu, dan area sekeliling yang tidak terlihat lainnya. Jadi hindari kondisi tersebut ketika hendak menyalip.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif