Penting untuk melakukan inspeksi mobil bekas sebelum memutuskan untuk membelinya. medcom.id/Ahmad Garuda
Penting untuk melakukan inspeksi mobil bekas sebelum memutuskan untuk membelinya. medcom.id/Ahmad Garuda

Beli Mobil Bekas via Marketplace, Manfaatkan Fitur Inspeksi

Otomotif mobil bekas tips mobil
Ahmad Garuda • 22 Januari 2019 15:25
Jakarta: Membeli mobil bekas di marketplace otomotif atau secara online, sudah banyak dilakukan oleh para peminat mobil tersebut. Bukan hanya karena kemudahan dalam kepemilikan, juga karena bisa lebih banyak melihat ragam pilihan dan kondisi.
 
Namun salah pilih, tentunya akan bikin konsumen jadi rugi. Apalagi kalau awam dalam hal membeli mobil bekas pakai yang bisa saja sudah pernah mengalami tabrakan parah atau kebanjiran. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh marketplace untuk melakukan inspeksi sebelum membeli.
 
Menjadi pembeli yang cerdas, calon pembeli perlu mengetahui kondisi mobil yang ingin dibeli secara detil. Mulai dari kondisi mesin, riwayat penggunaan, seperti bekas banjir atau kecelakaan, hingga kelengkapan surat-suratnya. Pengecekan atau inspeksi di mobil ini penting dilakukan untuk mencegah kerugian, di kemudian hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



 
“Pengecekan mobil bekas, penting dilakukan bagi calon pembeli untuk mengetahui apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan kondisinya. Dengan begitu, calon pembeli tidak akan mudah tergiur harga yang lebih murah, namun kondisinya tidak sesuai dengan ekspektasi,” papar Direktur Marketing & CTx OLX Indonesia, Agung Iskandar saat bertemu dengan Medcom.id.
 
Layanan inspeksi ini pun menjadi satu tawaran yang diberikan platform jual beli mobil bekas di beberapa marketplace. Termasuk penyedia iklan baris OLX yang mulai memasukkan fitur tersebut ke dalam platformnya. Layanan ini jelas memudahkan calon pembeli mengetahui kondisi mobil yang akan dibeli.
 

 
“Pada saat melakukan pengecekan, banyak titik atau komponen yang perlu dilihat untuk mengetahui kondisi sebuah mobil. Inspektor kami akan melakukan pengecekan di lebih dari 150 titik yang ada pada mobil. Artinya, pengecekan meliputi hampir seluruh bagian di mobil. Hasilnya nanti akan bisa dilihat untuk meyakinkan para pembeli mobil bekas untuk membeli mobil tersebut,” ungkap CEO OtoSpector, Jeffrey Andika.
 
Agung menambahkan soal inspeksi sendiri dengan fitur tersebut, adalah keuntungan dari sisi jaminan kondisi kendaraan dan pastinya keterjangkauan harga.
 

 
"Ketika Anda membeli mobil bekas dari showroom ternama yang bisa memberikan garansi kualitas dalam rentang waktu yang cukup lama, biasanya rating harga akan mahal. Tapi ketika Anda membeli mobil bekas dari pengguna dan melakukan inspeksi dari tim yang profesional, pastinya akan lebih murah. Jadi tak perlu membayar lebih mahal untuk mendatangkan orang bengkel dan sebagainya."
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi