Tak masalah gunakan starter elektrik meski sepeda motor jarang digunakan. Suzuki
Tak masalah gunakan starter elektrik meski sepeda motor jarang digunakan. Suzuki

Pakai Starter Elektrik, Tak Apa meski Motor Sering 'Nganggur'

Otomotif tips motor tips knowledge
Ekawan Raharja • 15 Desember 2018 09:56
Jakarta: Banyak yang beranggapan kalau sepeda motor yang jarang digunakan tidak boleh dihidupkan dengan electric starter. Padahal anggapan ini kurang tepat dan ada sedikit kesalahpahaman.

Menurut laman resmi Suzuki, untuk sepeda motor berteknologi injeksi tidak mengapa menyalakan mesin dengan elektrik starter. Mengingat sekarang ini juga sudah banyak sepeda motor keluaran terbaru yang tidak dilengkapi dengan starter kaki.

Sepeda motor injeksi tidak masalah jika langsung dihidupkan dengan electric starter walaupun tidak dinyalakan satu bulan. Tetapi sudah pasti daya akinya nanti akan bisa menjadi lemah, jadi ada baiknya memakai engkol dulu saat menyalakan motor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Cuma jika sepeda motor dilengkapi dengan starter kaki, maka bisa digunakan untuk menghemat daya aki. Sehingga umur aki bisa lebih panjang dibandingkan jika terus-terusan menggunakan starter elektrik.

Jika sepeda motor akan ditinggalkan dalam waktu yang lama, ada baiknya aki dicabut. Hal ini dilakukan agar aki tidak soak dan mengalami kerusakan jika ditinggalkan dalam waktu lebih dari 10 hari.

Aki sepeda motor yang jarang digunakan bisa soal karena terkait dengan siklus charge dan discharge aki. Saat motor dihidupkan maka arus yang dibutuhkan sangat besar untuk menggerakan motor starter, sehingga aki voltase berkurang. Jika sepeda motor sering digunakan, maka aki tentunya akan mengalami pengisian yang optimal karena daya penyerapan kelistrikan aki lebih lama.

Sedangkan jika sepeda motor jarang digunakan, atau digunakan untuk jarak pendek, maka aki akan cepat tekor karena membutuhkan daya yang besar untuk memantik motor dan pengisian tidak maksimal karena hanya sebentar.


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi