Ada sejumlah penyebab mobil mogok ketika perjalanan mudik. Medcom.id/Ekawan Raharja
Ada sejumlah penyebab mobil mogok ketika perjalanan mudik. Medcom.id/Ekawan Raharja

Biang Kerok yang Banyak Bikin Mobil Mogok Saat mudik

Otomotif tips mobil tips motor tips knowledge tips mudik
Ekawan Raharja • 27 Mei 2019 14:55
Jakarta: Perjalanan mudik dengan mobil memang menuntut kerja keras dari penumpang dan tentu saja mobil yang digunakan. Sehingga tidak sedikit mobil yang mengalami masalah, bahkan sampai mogok di tengah perjalanan, yang membuat mudik semakin penuh tantangan.
 
Section Head of Service Administration PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Totok Yulianto, membeberkan setidaknya ada dua masalah utama yang kerap melanda mobil saat mudik. Pertama dimulai dari kampas kopling yang habis, dan disusul dengan aki tekor yang memaksamobil harus menepi saat perjalanan.
 
Menyoal kampas kopling habis, dikarenakan selama perjalanan mudik banyak melewati berbagai jalanan menanjak. Tidak sedikit pengemudi yang malas menggunakan rem, dan menggunakan teknik setengah kopling untuk bisa bertahan di tanjakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apalagi pada saat macet di jalan menanjak, banyak yang menginjak setengah kopling sehingga kampas kopling cepat habis. Jika sudah kejadian, maka mobil harus di bawa dengan towing," ujar Totok Yulianto di Hotel Mercure Jakarta Simatupang.
 
Kasus lain banyak menjadi biang kerok perjalanan selama mudik adalah kasus aki tekor. Kondisi ini biasanya terjadi karena masalah sepele, pengemudi lupa mematikan lampu selama perjalanan.
 
Biang Kerok yang Banyak Bikin Mobil Mogok Saat mudik
 
"Banyak pemudik yang lupa mematikan lampu pada saat kendaraan terparkir. Akibatnya, aki cepat habis. Jika aki sudah benar-benar habis di jalan mau tidak harus diderek," kata Totok.
 
Totok menyarakan kepada pemudik yang menggunakan mobil untuk memperhatikan kondisi mobil selama perjalanan. Jangan sungkan untuk melihat-lihat kondisi fisik mobil dan memperhatikan indikator yang ada di panel instrumen mobil untuk mengantisipasi kerusakan mobil.
 
Jangan lupakan juga memetakan posko mudik yang sudah disiapkan masing-masing agen pemegang merek (APM). Sesuaikan lokasi posko mudik yang sesuai dengan merek mobil yang digunakan dan jalur mudik untuk berjaga-jaga jika mobil mengalami kerusakan atau untuk sekadar beristirahat.
 
Di musim mudik 2019, Suzuki mempersiapkan 3 Posko Siaga Mudik, 30 bengkel siaga mobil, dan 15 bengkel siaga motor. Bahkan merek asal Jepang ini mempersiapkan 162 unit towing yang siap membantu para pemudik dengan kendaraan Suzuki yang mengalami masalah diperjalanan.
 
Kemudian ada juga merek lain yang menggelar posko mudik seperti DFSK yang menyediakan posko mudik di Puncak, Tasikmalaya, dan Cirebon. Posko mudik ini siap melayani para pemudik dengan mobil DFSK pada 1 - 10 Juni 2019 selama 24 jam penuh yang melayani arus mudik dan arus balik mudik Idulfitri 1440 H.
 
Mitsubishi juga sudah mengumumkan 16 posko mudik yang akan siap mengantisipasi arus mudik dan arus balik mudik dari 31 Mei 2019 - 10 Juni 2019. Fasilitas yang dapat dinikmati di posko ini adalah ruang istirahat yang dilengkapi sofa, AC, TV, tempat bermain anak, free snack dan minuman, takjil, free wifi, alat pijat, dan general check up.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif