Produsen Sepeda Motor Siap Euro4
Honda akui siap untuk menerapkan Euro4 jika diperlukan. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Perhutanan (LHK) sudah mengeluakan peraturan untuk kendaraan roda empat menuju standar emisi Euro4. Meski demikian, produsen sepeda motor pun juga siap jika pemerintah meminta mereka beralih ke standar emisi Euro4.

Direktur Pemasaran Astra Honda Motor, Thomas Wijaya, menjelaskan saat ini standar emisi gas buang sepeda motor masih di level Euro3. Meski demikian, dia menilai tidak akan ada banyak kesulitan untuk menyesuaikan Euro4 jika pemerintah mengeluarkan regulasi baru emisi gas buang untuk sepeda motor.

"Iya masih Euro3 tapi kita sudah ada beberapa tipe mulai bisa. Kalaupun nanti suatu saat akan berganti ke Euro4, perubahan yang dilakukan tidak terlalu banyak," ungkap Thomas di Hotel Park Century Jakarta.

Thomas juga menjelaskan kalau ada beberapa perubahan yang pasti dilakukan ketika standar emisi Euro4 diberlakukan untuk sepeda motor. Mulai dari pipa untuk knalpot, katalisator, hingga beberapa komponen lainnya.


"Jadi meskipun kita masih Euro3 tetapi bensinnya sudah Euro4, itu masih cocok. Kita akan menyesuaikan regulasi yang ditetapkan pemerintah," sambungnya.

Saat ini pemerintah kewajiban menggunakan standar Euro4 Dikeluarkan oleh Kementeri LHK Nomor P20/MenLHK/Setjen/Kum.1/3/2017. Pasal 2 ayat 1 aturan menyebutkan setiap usaha dan kegiatan produksi kendaraan bermotor tipe baru wajib memenuhi ketentuan baku mutu emisi gas buang. Kendaraan bermotor tipe baru ini terbagi menjadi tiga kategori, yakni M, N dan O.

Kendaraan bermotor kategori M merupakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk angkutan orang. Kemudian kategori N untuk angkutan barang, sedangkan kategori O merujuk kendaraan bermotor penarik untuk gandengan atau tempel.

Saat ini stanadar emisi Euro4 belum diwajibkan untuk sepeda motor. Hanya saja tentu ada peluang bagi produsen sepeda motor untuk juga meningkatkan standar emisi menjadi Euro4 karena bahan bakarnya juga sudah tersedia.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id