Jakarta: Karburator sangat berperan penting dalam proses pembakaran di sepeda motor. Komponen ini bertugas mengumpulkan dan mencampur udara serta bahan bakar dari kendaraan sehingga bahan bakar jadi lebih mudah terbakar dan menjadi tenaga.
Meskipun saat ini penggunaan karburator sepeda motor mulai berkurang karena banyak sepeda motor yang sudah beralih ke sistem injeksi, namun tidak ada salahnya untuk memahami cara kerja karburator, khususnya untuk kalian yang penggemar motor lawas.
Melansir laman resmi Suzuki, karburator bekerja dengan metode yang mirip semprotan nyamuk. Cairan bahan bakar dihisap dan diubah menjadi kabut, untuk melakukan proses ini karburator mengandalkan gerakan pada piston yang bergerak turun saat melakukan langkah hisap.
Kabut bahan bakar inilah yang akan digunakan di proses pembakaran dan banyak atau sedikitnya kabut yang dihasilkan untuk diteruskan ke ruang pembakaran, semua bergantung pada bukaan selongsong gas dari sepeda motor yang Anda kendarai.
Cara kerja karburator sepeda motor memang masih sangat manual jika dibandingkan dengan sistem injeksi. Namun jika terjadi kerusakan atau ingin mengubah pengaturan, mengutak-atik karburator tentunya lebih mudah ketimbang mengatur sistem injeksi karena hanya membutuhkan obeng minus.
Misalnya jika ingin mengatur agar penggunaan bahan bakar lebih irit, cukup putar setelan gas dan bahan bakar agar debitnya berkurang. Bahkan jika Anda ingin kalau memodifikasi seperti ganti pilot jet dan main jet dengan ukuran lebih besar agar aliran BBM lebih lancar juga bisa dilakukan dengan mudah
Cara Membersihkan Karburator
Agar karburator kondisinya tetap prima, Anda perlu melakukan perawatan sederhana. Masalah yang sering terjadi pada karburator biasanya dikarenakan banyaknya kotoran atau kemasukan air.
Meski terlihat sepele, namun kondisi ini bisa membuat sepeda motor jadi sulit dihidupkan. Berikut ini cara membersihkan karburator sepeda motor:
1. Lepaskan karburator dari dudukan & bersihkan
Pertama-tama lepaskan karburator dari dudukannya dengan bantuan kunci pas. Setelah itu buka bagian mangkok atau penutup karburator dan bersihkan bagian tersebut dari endapan maupun cairan dengan menggunakan kuas.
2. Bersihkan penyaring udara
Setelah itu lakukan juga pembersihan pada bagian penyaring udara karburator. Agar lebih mudah, lepaskan dulu bagian ini dari karburator, bersihkan secara hati-hati dengan pembersih khusus penyaring udara. Jika sudah bersih, tinggal dikeringkan.
3. Bersihkan bagian pilot jet, main jet, dan needle jet
Ketiga bagian ini memang jadi bagian yang sulit dibersihkan dan harus ekstra hati-hati. Pertama-tama lepaskan ketiga bagian tadi. Untuk bagian pilot jet & main jet, Anda bisa membersihkan dengan cara meniup bagian lubang dengan alat kompresor. Sedangkan untuk bagian needle jet, bisa dibersihkan dengan menggunakan kuas.
Setelah bersih, Anda bisa kembali memasang semua komponen karburator satu per satu seperti semula dan memasangnya kembali.
Jakarta: Karburator sangat berperan penting dalam proses
pembakaran di sepeda motor. Komponen ini bertugas mengumpulkan dan mencampur udara serta bahan bakar dari kendaraan sehingga bahan bakar jadi lebih mudah terbakar dan menjadi tenaga.
Meskipun saat ini penggunaan karburator sepeda motor mulai berkurang karena banyak sepeda motor yang sudah beralih ke sistem injeksi, namun tidak ada salahnya untuk memahami cara kerja karburator, khususnya untuk kalian yang penggemar motor lawas.
Melansir laman resmi Suzuki, karburator bekerja dengan metode yang mirip semprotan nyamuk. Cairan bahan bakar dihisap dan diubah menjadi kabut, untuk melakukan proses ini karburator mengandalkan gerakan pada piston yang bergerak turun saat melakukan langkah hisap.
Kabut bahan bakar inilah yang akan digunakan di proses pembakaran dan banyak atau sedikitnya kabut yang dihasilkan untuk diteruskan ke ruang pembakaran, semua bergantung pada bukaan selongsong gas dari sepeda motor yang Anda kendarai.
Cara kerja karburator sepeda motor memang masih sangat manual jika dibandingkan dengan sistem injeksi. Namun jika terjadi kerusakan atau ingin mengubah pengaturan, mengutak-atik karburator tentunya lebih mudah ketimbang mengatur sistem injeksi karena hanya membutuhkan obeng minus.
Misalnya jika ingin mengatur agar penggunaan bahan bakar lebih irit, cukup putar setelan gas dan bahan bakar agar debitnya berkurang. Bahkan jika Anda ingin kalau memodifikasi seperti ganti pilot jet dan main jet dengan ukuran lebih besar agar aliran BBM lebih lancar juga bisa dilakukan dengan mudah
Cara Membersihkan Karburator
Agar karburator kondisinya tetap prima, Anda perlu melakukan
perawatan sederhana. Masalah yang sering terjadi pada karburator biasanya dikarenakan banyaknya kotoran atau kemasukan air.
Meski terlihat sepele, namun kondisi ini bisa membuat sepeda motor jadi sulit dihidupkan. Berikut ini cara membersihkan karburator sepeda motor:
1. Lepaskan karburator dari dudukan & bersihkan
Pertama-tama lepaskan karburator dari dudukannya dengan bantuan kunci pas. Setelah itu buka bagian mangkok atau penutup karburator dan bersihkan bagian tersebut dari endapan maupun cairan dengan menggunakan kuas.
2. Bersihkan penyaring udara
Setelah itu lakukan juga pembersihan pada bagian penyaring udara karburator. Agar lebih mudah, lepaskan dulu bagian ini dari karburator, bersihkan secara hati-hati dengan pembersih khusus penyaring udara. Jika sudah bersih, tinggal dikeringkan.
3. Bersihkan bagian pilot jet, main jet, dan needle jet
Ketiga bagian ini memang jadi bagian yang sulit dibersihkan dan harus ekstra hati-hati. Pertama-tama lepaskan ketiga bagian tadi. Untuk bagian pilot jet & main jet, Anda bisa membersihkan dengan cara meniup bagian lubang dengan alat kompresor. Sedangkan untuk bagian needle jet, bisa dibersihkan dengan menggunakan kuas.
Setelah bersih, Anda bisa kembali memasang semua komponen karburator satu per satu seperti semula dan memasangnya kembali.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(PRI)