Rahasia suara mesin moge Benelli TNT 249S. medcom.id/Ahmad Garuda
Rahasia suara mesin moge Benelli TNT 249S. medcom.id/Ahmad Garuda

Apa Rahasia Suara Moge Benelli TNT 249S?

Otomotif motor baru benelli
Ahmad Garuda • 12 Juni 2019 12:33
Jakarta: Kemunculan Benelli TNT 249S di ajang pameran multiproduk Jakarta Fair Kemayoran (JFK) pada 22 Mei 2019 lalu, membuat banyak orang mulai melirik. Lantaran motor ini, memiliki suara padat dan 'ngebass' layaknya motor gede atau moge dengan jumlah 3 silinder atau lebih.
 
Padahal jenis mesinnya sama sama dengan Kawasaki Ninja Z250 dan Yamaha MT-25, yaitu mesin segaris atau inline. Lalu kemudian dari mana asal suara padat ala moge tersebut?
 
Jika Anda mengikuti perkembangan TNT 250, sebenarnya ini bukanlah pertama kali mereka membuat mesin 250 cc dengan suara bulat ala moge. Genarasi TNT 250 pertama pun sudah memiliki suara khas ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apa Rahasia Suara Moge Benelli TNT 249S?
 
"Hanya saja kali ini lebih disempurnakan agar memenuhi standar dan ketentuan dalam berbagai hal, termasuk aturan-aturan yang ditetapkan pemerintah. Memang bukan sesuatu yang baru, karena konfigurasi mesin seperti ini sudah digunakan di tipe yang sama versi sebelumnya," klaim Tim Teknis dan Wiraniaga Benelli, Vicky kepada Medcom.id saat ditemui di Jakarta Fair Kemayoran, pada Selasa (12/6/2019).
 
Motor berkapasitas mesin murni 249 cc DOHC 2-silinder crossline berpendingin cairan ini, tenaganya memang berada di bawah tenaga mesin yang mampu dimuntahkan Yamaha MT-25 dengan 35,5 daya kuda. Namun tenaga sebesar 31,5 dk ini sudah mampu mengimbangi performa Kawasaki Ninja Z250. Sementara untuk torsinya, lebih kecil dari kedua rival utamanya itu.
 
Apa Rahasia Suara Moge Benelli TNT 249S?
 
Namun sistem ini tak juga dibilang sistem screamer seperti yang dianut mesin-mesin Ducati Desmosedici di era Casey Stoner meraih titel juara dunia di MotoGP. Mengingat kinerja pembakarannya (waktu pengapiannya) tidak bersamaan antara piston alias bergantian. Sehingga berdampak ke tenaga yang lebih kecil. Namun efek suara yang dikeluarkan lebih bulat dan padat sehingga menyerupai suara mesin 3-silinder atau lebih.
 
Meski demikian, bermodalkan suara moge yang banyak diimpikan bikers Indonesia, juga ditopang dengan tampilan yang keren khas moge. Mulai dari penggunaan suspensi depan upside down, lalu velg palang simetris ala Alpine rangka trelis berwarna khas motor Italia, sistem pengereman cakram ganda di depan hingga spidometer full digital dengan dimensi kompak.
 
Apa Rahasia Suara Moge Benelli TNT 249S?
 
Belum lagi lampu-lampu yang full LED hingga membuatnya lebih unggul. Pantas jika harga yang disematkan Benelli ke motor ini juga cukup tinggi dari Yamaha MT-25. Bisa dibilang bahkan lebih mahal dari Ninja Z250 untuk harga non Jabodetabek. Bagaimana?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif