Nimbus 750 1938 ini sukses bertahan dengan kondisi orisinalnya. Pipeburn
Nimbus 750 1938 ini sukses bertahan dengan kondisi orisinalnya. Pipeburn

Motor Klasik

Nimbus 750 1938, Eksotika Motor Pembuat Vacuum Cleaner

Otomotif motor klasik
Ahmad Garuda • 04 April 2017 14:14
medcom.id, Jakarta: Tak banyak orang yang mengenal merek sepeda motor asal Denmark, Fisker & Nielsen melalui satu model yang mereka bangun yaitu Nimbus 750. Motor ini jadi satu-satunya tipe yang mereka produksi sejak membuat sepeda motor hingga beberapa tahun kemudian dan memproduksinya secara massal.
 
V. Sheyanov dari rumah modifikasi Motorworld Rusia yang menemukan salah satu motor yang pernah diproduksi 1938 ini dari pemilik sebelumnya. Kondisinya yang masih terjaga dan bisa dibilang masih sangat baru, membuat Sheyanov sangat terobsesi membuatnya seorisinal mungkin.
Nimbus 750 1938, Eksotika Motor Pembuat Vacuum Cleaner
Jika dilihat urutan produksi dan perbaikan yang dilakukan Fisker & Nielsen, Nimbus 750 1938 ini merupakan versi tipe C, karena mereka sudah melaukan 3 kali upgrade. Meski tak ada perubahan yang terlihat sangat signifikan, namun dari sisi performa, desain dan teknologi mengalami peningkatan.
 
Mesinnya mengusung kapasitas murni 746 cc dengan muntahan tenaga 22 daya kuda dan punya konfigurasi mesin 4 silinder segaris. Menariknya, mesin dibuat 4 silinder, namun secara blok mesin, dibikin terpisah, sehingga membuatnya terlihat unik. Satu-satunya bagian yang menyatukan blok silinder ini adalah ruang kerja mekanis mesin bagian bawah.
Nimbus 750 1938, Eksotika Motor Pembuat Vacuum Cleaner
Kemudian beralih ke bagian rangka, ini juga terlihat sangat unik. Rangkanya diletakkan bagian luar dan benar-benar terlihat jadi pengapit tangki, mesin hingga roda belakang. Roda belakang juga dibuat rigid (tanpa tambahan suspensi) jadi motor terlihat sangat eksotis. Namun kenyamanan pengendara tetap jadi prioritas dengan menghadirkan suspensi di bawah jok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa perubahan yang dilakukan hanya untuk menyempurnakan tampilannya saja. Misalnya posisi lampu utama yang sekarang posisinya agak di bawah.
Nimbus 750 1938, Eksotika Motor Pembuat Vacuum Cleaner
Berbicara tentang performanya, motor itu kini masih bisa melayani kecepatan 110 km per jam. Tapi tentunya Anda bakal berpikir keras untuk mencobanya hingga kecepatan seperti itu bukan?
 
Sedikit cerita mengenai motor tersebut, yang diawali dengan perusahaan vacuum cleaner di awal abad ke-19. Adalah Peder Andersen Fisker and Hans Marius Nielsen yang mendirikan perusahaan vacuum cleaner itu pada 1906 di Copenhagen, Denmark, dan tenar sejagad Eropa. Sejak 1919, mereka mulai membuat motor dan terakhir kali produksinya berjalan 1958 khusus untuk divisi sepeda motor.
Nimbus 750 1938, Eksotika Motor Pembuat Vacuum Cleaner
Mereka sukses menjual empat ribuan unit motor tersebut sebelum akhirnya hanya bertahan 4 tahun setelahnya untuk memproduksi komponen saja. Meski demikian, hingga kini perusahaan home appliance mereka tetap berjalan. Sementara untuk komponen, sudah banyak ditemukan produsen lain untuk membuat brand motor ini tetap hidup.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif