Aksi Jokowi melakukan tinjaua di Trans Kalimantan dengan menggunakan sepeda motor custom. Antara Foto/Puspa Perwitasari.
Aksi Jokowi melakukan tinjaua di Trans Kalimantan dengan menggunakan sepeda motor custom. Antara Foto/Puspa Perwitasari.

Presiden Indonesia Touring

Jiwa Biker Jokowi, Bukan Musiman

Otomotif kawasaki royal enfield
Ekawan Raharja • 20 Desember 2019 15:39
Jakarta: Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memang kerap melakukan blusukan ke berbagai daerah untuk melihat perkembangan daerah tersebut. Uniknya di sela-sela blusukannya tersebut, Jokowi tidak segan-segan berkeliling suatu daerah dengan menggunakan sepeda motor.
 
Jokowi sang Presiden memang gandrung akan sepeda motor. Buktinya saja dia sampai memiliki dua sepeda motor custom bergaya chopper, pertama berbasis Royal Enfield Bullet 350 garapan Elders Garage dan satu lagi Kawasaki W175 buah karya Katros Garage.
 
Keduanya bukan cuma jadi sekadar pajangan dan gaya-gayaan saja. Di beberapa kesempatan, Jokowi menggunakan sepeda motor tersebut untuk menemaninya blusukan ke berbagai daerah. Jelas daya tariknya sebagai Presiden Republik Indonesia dan sepeda motor uniknya ini menarik perhatian masyarakat sekitar dan Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jiwa Biker Jokowi, Bukan Musiman
Presiden Jokowi menjajal sepeda motor barunya, Royal Enfield Bullet 350 bergaya chopper di Sukabumi Jawa Barat. ANTARA/Puspa Perwitasari
 
Seperti contoh pada Minggu (8/4/2018) Jokowi mengunjungi daerah Sukabumi, Jawa Barat, dengan menggunakan Bullet 350 chopper miliknya. Tidak hanya sepeda motornya yang kekinian, dandanan Jokowi saat itu tampak seperti anak muda. Di belakangnya terdapat beberapa bikers dengan sepeda motor custom mengikutinya, begitu juga dengan paspampres yang mau tidak mau ikut serta touring dengan sepeda motor
 
Menggunakan kaos berkerah putih berlapis jaket denim custom bercorak peta Indonesia, celana Jeans, dan sepatu Vans Metallica Special Edition berwarna hitam. Jelas Jokowi tampak seperti bikers yang sedang touring menikmati perjalanannya.
 
“Saya jalan kurang lebih 30 kilometer sampai ke Pantai Pelabuhan Ratu. Tempatnya sangat indah, jalannya juga kelok-kelok. Sekaligus ingin mengenalkan Pelabuhan Ratu,” ungkap Jokowi saat itu.
 
Jiwa Biker Jokowi, Bukan Musiman
Presiden Joko Widodo menunggangi motor custom Kawasaki W175. Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli
 
Selain itu, momen touring Jokowi menggunakan sepeda motor customnya kembali lagi terjadi pada Minggu (4/11/2019). Kali ini di berkendara dari Hotel Atria Tangerang Selatan menuju Pasar Anyar Tangerang menggunakan W175 Chopper miliknya.
 
Dia pun tampak santai dengan setelan jaket merah, celana jin biru, sepatu sneakers, dan helm bergaya klasik Cargloss. Jaket merah yang dikenakan bertuliskan 'Bulls Syndicate Motorcycle Worshiper' pada bagian belakang, kelak menjadi salah satu produk yang laris diburu oleh masyarakat.
 
"Ya ingin nyoba motor baru," kata Jokowi di Pasar Anyar, Tangerang, Minggu (4/11/2018).
 
Jiwa Biker Jokowi, Bukan Musiman
Presiden Jokowi melakukan sunmori (sunday morning ride) keliling kota Bandung dengan mengendarai sepeda motor custom bersama 195 komunitas sekaligus untuk menghadiri deklarasi Jabar Kondusif. Antara Foto/Wahyu Putro A
 
Tak lama selang kemudian, tepatnya Minggu (11/11/2019), Dia kembali menggunakan sepeda motor berkelir hijaunya itu sunmori (sunday morning ride) keliling kota Bandung. Jokowi melakukan sunmori bersama 195 komunitas sekaligus untuk menghadiri deklarasi Jabar Kondusif. Uniknya, touring ini juga diikuti oleh Ridwan Kamil yang merupakan Gubernur Jawa Barat dengan sepeda motor Royal Enfield dan Airlangga Hartarto yang saat itu menjabat sebagai Menteri Perindustrian dengan skuter matik berwarna kuning.
 
Jiwa Biker Jokowi, Bukan Musiman
Aksi Jokowi melakukan tinjaua di Trans Kalimantan dengan menggunakan sepeda motor custom. Antara Foto/Puspa Perwitasari.
 
Terakhir ini, Jokowi kembali menjajal jalan perbatasan Trans-Kalimantan di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Pria nomor satu di Indonesia menjajal jalanan di sana dengan sepeda motor Kawasaki W175 Custom miliknya.
 
Gayanya juga masih sangat santai dengan jaket merah khasnya, celana jeans, dan sepatu sneakers. Dia mengendarai sepeda motornya melewati berbagai jenis jalan, mulai dari aspal, tanah merah, hingga banyaknya genangan air.
 
Selain itu masih banyak momen-momen lainnya Jokowi blusukan dengan menggunakan sepeda motor pinjaman, mulai dari menggunakan skuter matik atau motor trail saat mengunjungi Papua. Dengan banyaknya aktivitas Jokowi bersama sepeda motor, tak salah kalau kita menasbihkan dia sebagai Presiden 'Bikers' Indonesia.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif