Perlengkapan Berkendara

Mengganti Helm, Salah Satu Upaya Jaga Keselamatan

M. Bagus Rachmanto 11 Oktober 2018 12:19 WIB
perlengkapan berkendaratips knowledge
Mengganti Helm, Salah Satu Upaya Jaga Keselamatan
Helm sebaiknya diganti setelah masa pakai 3-5 tahun. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Inggris: Helm jadi piranti keselamatan berkendara yang wajib hukumnya. Tapi tahukah Anda, bahwa dari hasil studi menyatakan 40 persen pengendara sepeda motor pakai helm yang tak layak lagi dan harusnya sudah diganti.

Sebuah komisi dari Carole Nash, sebuah broker asuransi di Inggris, menemukan fakta 41 persen responden menggunakan helm yang sudah dipakai lebih dari lima tahun. Hal ini berlawanan dengan Snell Memorial Foundation lembaga keamanan helm.
 
Helm yang sudah tua, efektifitas untuk melindungi semakin menurun. "Lem, resin dan material lainnya yang digunakan pada saat produksi helm, akan mempengaruhi material," menurut Snell Memorial Foundation, seperti dikutip Rideapart.

Selain usia pakai, mereka juga lakukan survei seberapa lama pengendara akan mengganti helm. Sebanyak 62 persen dari 1.000 pengendara aktif, mengatakan tetap pakai helm mereka setelah terjatuh atau mereka mengalami kecelakaan.

Ide mengganti helm setelah alami benturan atau terjatuh, katakanlah dari meja atau jok sepeda motor, dianggap kontroversial. Karena efek kerusakan yang terlihat minim atau malah tetap mulus.


Beberapa waktu lalu Marketing Director Arai, Bob Porter mengatakan, sebuah helm bereaksi sebagai alat perlindungan. "Oke, kerusakan luar bisa diperbaiki tapi kemampuan untuk melindunginya sudah tak baik," katanya.

Industri helm sendiri menyarankan mengganti helm jika telah berusia tiga sampai lima tahun. Usia pakai makin panjang jika dibarengi dengan perawatan interior secara rutin.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id