Kecepatan Aman Sepeda Motor saat di Tikungan Tajam
Perhatikan kecepatan aman saat menghadapi tikungan tajam. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Jakarta: Safety riding adalah istilah yang sama dengan saferty driving, bagi pengendara kendaraan roda empat (mobil). Safety riding lebih mengacu kepada perilaku pengendara dan kondisi kendaraan yang ideal, teknik berkendara, serta tingkat keamanan terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Namun dalam prakteknya, tak sedikit pengendara sepeda motor yang masih kurang paham tentang teknik berkendara yang aman. Salah satunya batas aman kecepatan saat akan berbelok di tikungan tajam dengan kecepatan maksimal 30-40 km per jam.

Menurut Chief of Trainer Rifat Drive Labs, Herry Wahyudi, hal yang paling utama untuk melewati tikungan dengan aman adalah pastikan batas kecepatan dan pandangan yang selalu ke depan. Hal itu untuk memastikan kondisi jalan dan lingkungan sekitar. 

Pada saat menikung, bagian roda yang menempel dengan permukaan jalan akan menjadi lebih sedikit bila dibandingkan dengan saat berjalan lurus. Oleh sebab itu, hindari penambahan atau pengurangan secara mendadak ketika sedang menikung. 


Herry menjelaskan, lebih baik kurangi kecepatan sebelum masuk tikungan kemudian menikung dengan kecepatan konstan, dan tambah kecepatan setelah keluar dari tikungan.

"Kecepatan yang aman saat di tikungan tajam jangan lebih dari 30-40 km per jam. Jangan menekan kopling saat menikung karena akan terjadi free wheel alias tak ada efek engine brake atau lost traction," kata Herry saat berbincang dengan Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id